-->

Kronik Toggle

Pengunjung Perpustakaan Surabaya Naik 500%

Meski minat baca masyarakat Surabaya relatif rendah, namun jumlah pengunjung Perpustakaan Surabaya naik 500%. Selama 2009, jumlah pengunjung Perpustakaan Surabaya sebesar 350 ribu orang.

Sampai saat ini di tahun 2010, jumlah pengunjung alami kenaikan signifikan hingga 500%. Pengunjung terbanyak, pelajar dan mahasiswa.

”Buku yang paling diminati adalah buku-buku penunjang mata pelajaran, katalog, buku tentang kekayaan alam. Kondisi ini sangat membanggakan dan diharapkan makin bagus di tahun-tahun berikutnya,”ujar ARINI PAKISTIANINGSIH Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Surabaya, Kamis (21/10).

Menurut ARINI, dengan menyediakan sarana baca dan sudut bacaan yang tersebar di 200 titik selain di Perpustakaan Surabaya sendiri, minat masyarakat kian terbangun. Kalau minat baca masyarakat masih rendah, banyak faktor yang mempengaruhi.

ARINI menyebut budaya masyarakat kita bukan budaya baca menjadi satu di antara faktor penyebab. Bisa pula, masyarakat tidak membaca karena sarananya memang tidak ada.

”Kalaupun ada, jumlahnya sedikit atau harus membeli buku di toko. Dari beberapa faktor itu, kita akan mengetahui kenapa minat baca masyarakat kita rendah,”tukasnya.

ARINI menegaskan hingga saat ini Perpustakaan Surabaya tidak pernah berhenti menggelar program untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Bahkan puluhan program digelar selama setahun. ”Seperti lomba perpustakaan sekolah, bedah buku, digital library, dan lainnya,”ungkapnya.

Untuk mengelola Perpustakaan Surabaya ini, kata ARINI, Pemkot Surabaya mengalokasikan anggaran. Tahun 2010 sebesar Rp 4 milyar dan di 2011 dipastikan lebih besar lagi.

Selain kucuran dana dari Pemkot Surabaya, ARINI menambahkan, pihaknya menjalin kerjasama dengan pihak ketiga dalam program Corporate Social Responsibility (CSR). (tin)

*)Suarasurabaya.net , 21 Oktober 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan