-->

Kronik Toggle

Obama Ditimpuki Orang Bugil dengan Buku

PHILADELPIA -Insiden penimpukan terhadap Presiden Amerika Serikat kembali terjadi. Setelah “Insiden Sepatu” yang menimpa pendahulunya, George Walker Bush, dua tahun lalu, kini giliran Presiden Barack Obama. Ia ditimpuk buku di Philadelphia, Senin (11/10).

Insiden ini terjadi saat Obama melakukan kampanye Partai Demokrat untuk pemilihan kongres yang akan digelar tiga pekan mendatang. Bersama Wakil Presiden Joe Biden, Presiden kulit hitam pertama di AS itu tampil di lapangan terbuka. Panggung tempatnya berpidato berada di tengah massa yang mencapai ribuan orang.

Tiba-tiba, dari belakang Obama sebuah buku melayang. Namun meleset sekitar satu meter dari kepalanya. Obama tidak menyadari timpukan yang tidak tepat sasaran itu dan melanjutkan kampanyenya. Dalam pidatonya, Obama menampik tudingan pemerintahannya berada di balik lambatnya pemulihan ekonomi AS. “Saya rasa para ahli salah,” kata Obama.

Petugas keamanan sigap bergerak dan menangkap seorang pria berkulit coklat dan rambut hitam. Orang itu bugil total, sehingga petugas menggunakan poster kampanye untuk menutupi kemaluannya. Di tubuhnya terdapat coretan tulisan. Sayangnya, kamera wartawan tidak dapat mengabadikan tulisan di dada dan perut laki-laki itu. Sedangkan buku yang dijadikan “peluru” itu juga tidak diketahui buku apa, yang pasti buku tersebut bersampul hitam.

Bugil Rp 9 Miliar

Misteri pria bugil yang tampil di hadapan Presiden Barack Obama adalah pemuda 24 tahun bernama Juan James Rodriguez, pemuda yang tertangkap kamera digelandang petugas keamanan dengan poster kampanye untuk menutupi kemaluannya.

Apa yang mendorong Rodriguez senekat itu? Jawabannya uang US$ 1 juta atau sekitar Rp 9 miliar.

Seperti dilaporkan Kantor Berita CBS, Selasa (12/11), pria nekat itu menjawab tantangan Alki David untuk jadi orang asing pertama yang tampil bugil di hadapan Presiden Amerika Serikat. Aksi itu disiarkan di situs Battlecam.

Syaratnya: berada di jarak pandang sang presiden, teriakan nama situs enam kali, dan tentunya, bugil. Awalnya tantangan ini diiming-imingi Rp 900 juta, namun dinaikan untuk mencakup biaya lain yang muncul dari tuntutan hukum.

Rodriguez menjawab tantangan itu saat Obama tampil di Kampanye Partai Demokrat di Philadelphia. Dia mencoret dada dan perutnya dengan tulisan “Battlecam”. Aksi ini menjadi perhatian dunia. “Saat saya melihat videonya dan mendapat konfirmasi, bayarannya bukan dalam cek, tapi tunai,” kata David.

Meski ditangkap dengan tuduhan bugil di muka umum, Rodriguez dipastikan tersenyum puas melihat pundi-pundinya bertambah satu juta dolar.

Bersamaan dengan aksi gilanya, Pasukan Pengamanan Presiden AS menangkap seorang pria yang menimpuk buku ke arah Obama. “Dia hanya pendukung yang kelewat senang dan ingin Obama memiliki bukunya,” kata juru bicara pasukan keamanan. Mereka menolak membeberkan nama laki-laki yang tidak ditahan itu.

Sumber: Tempo Interaktif, 11 dan 12 Oktober 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan