-->

Kronik Toggle

Malik Fadjar, Favorit Pedagang Buku

YOGYAKARTA — Mantan Menteri Pendidikan Nasional A Malik Fadjar merupakan salah satu tokoh favorit pedagang buku bekas di pasar loak Shopping Center, Yogyakarta.

Ketika muncul di sana, akhir pekan lalu, ia langsung dielu-elukan para perempuan pedagang setempat. Bahkan, di antaranya ada yang langsung mencium tangan sang tokoh.

”Terima kasih, terima kasih…. Masih ingat saya, tho?” tutur Malik.

Malik Fadjar mengaku, setiap ada kesempatan ke Yogyakarta, dia pasti mampir ke Shopping Center. Untuk apa? ”Ya, mencari buku-buku bekas. Kalau cocok, ya, langsung dibeli,” kata penggemar buku yang hingga sekarang telah menulis sekitar 10 buku tentang agama dan pendidikan. Buku pertama bertopik pendidikan agama/kuliah agama Islam di perguruan tinggi (1979), disusul topik sama dua tahun kemudian.

Darah guru tetap mengalir deras di tubuh Malik. Meski sudah berusia 71 tahun, ia tak menolak permintaan berbicara di depan mahasiswa, seperti diajukan beberapa rektor perguruan tinggi swasta. Selain menjadi menteri (2001-2004), Malik Fadjar pernah mengabdi sebagai guru SD, dosen, dekan, dan rektor.

”Orangtua saya, ya, guru…,” tuturnya. Selain masih sering berbicara di depan mahasiswa dan menghadiri seminar, ”kegiatan pokok” lain Malik adalah membaca buku. (POM)

Sumber: Kompas, 7 Oktober 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan