-->

Kronik Toggle

Sanata Dharma Koleksi Ribuan Karya Sartono

YOGYAKARTA–Perpustakaan Universitas Santa Dharma Yogyakarta mengoleksi sebanyak 4.000 karya Sartono berbentuk karya ilmiah sejarah, sosiologi, dan budaya.

Paulus Suparmo, Ketua Panitia mengenang 1000 hari dan peresmian buku Prof. Sartono Kartodirdjo, sejarawan Indonesia, mengatakan Universitas Sanata Dharma mendapatkan hibah ribuan karya Sartono dari pihak keluarga.

Melalui hibah itu, pihak keluarga berharap seluruh masyarakat bisa memanfaatkannya untuk mengembangkan ilmu sejarah.

“Almarhum memiliki kedekatan dengan Universitas Sanata Dharma dan sempat berpesan karya-karyanya bisa dimanfaatkan untuk pengembangan ilmu sejarah,” ujarnya di Universitas Sanata Dharma, Rabu (1/9).

Acara itu dihadiri Paulus.Wiryono Priyotamtama selaku Rektor Universitas Sanata Dharma, F.X Baskara T. Wardaya, Dosen Ilmu Sejarah Fakultas Sastra, dan pihak keluarga.

Sartono selama hidupnya pernah menjadi guru besar emeritus Universitas Gadjah Mada (UGM) dan konsisten menulis sejarah.

Baskara T.Wardaya, Dosen Ilmu Sejarah Fakultas Sastra mengatakan Sartono Kartodirdjo merupakan sejarawan nasional dan internasional yang berkontribusi penting.

Sartono merintis pandangan sejarah dari titik pandang atau perspektif kolonial-Belanda menjadi sejarah nasional-Indonesia.

Pendekatannya adalah mengubah masalah-masalah politik dan sosial berorientasi elitis menjadi kerakyatan. Dia konsisten menjaga pandangan asketisme (berprihatin) dan tekun menjalani pilihan hidup sebagai seorang pengajar.

“Melalui disertasinya, Prof. Sartono mengambil sudut pandang petani Banten, bukan daerah pusat kekuasaan Hindia Belanda. Fokus perhatiannya pada segala yang terpinggirkan,” terang dia.

Sumber: Harian Jogja, 2 September 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan