-->

Kronik Toggle

Pentagon Sensor Buku Spionase Terbaru

Jakarta

–  Sensor buku atau materi cetak lain dengan pembelian besar-besaran untuk dimusnahkan masih terjadi di negara maju. departemen pertahanan Amerika dilaporkan berupaya mencegah sebuah buku baru tentang spionase yang ditulis oleh seorang perwira intelijen berpangkat letnan kolonel.

Buku Operation Dark Heart ditulis oleh Letkol Anthony Shaffer, perwira yang dilaporkan pernah mengatakan kepada komisi khusus penyelidikan serangan 11 September bahwa ada setidaknya dua sel teroris yang diamati oleh intelijen sejak tahun 2000 dan ternyata setahun kemudian menurut Shaffer mereka terlibat serangan 11 September.

Dalam buku itu Shaffer, yang pernah ditempatkan di Pangkalan Udara Bagram Afghanistan, menceritakan sejumlah operasi rahasia di Afghanistan dan Pakistan dan mengapa para petinggi militer gagal memenangkan perang melawan Taliban.

Pentagon dilaporkan mendekati St Martin Press, penerbit buku itu untuk membeli 10.000 eksemplar cetakan pertama untuk dimusnahkan dan meminta St Martin Press untuk menerbitkan edisi yang disensor. Sebuah sumber yang dekat dengan penerbit menyatakan sejumlah materi telah dihapus dari buku itu namun Pentagon belum puas.

Shaffer terakhir bekerja di bawah Defense Intelligence Agency sebelum ia dipecat dengan alasan melanggar banyak aturan dan klaim penggantian pengeluaran yang berlebihan.

Buku itu kini menjadi kandidat best seller bahkan sebelum resmi dipasarkan.
GUARDIAN | RONALD

*) Tempointeraktif, 14 september 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan