-->

Kronik Toggle

Lewat Buku, Venus Ungkap Rahasia Suksesnya

Jakarta – Venus Williams berbagi soal rahasia kisah suksesnya melalui buku yang berjudul Come to Win. Di sini, Venus juga menyertakan penuturan dari 50 figur yang berhasil di bidangnya.

Venus adalah salah satu petenis putri papan atas dunia. Sejak terjun di duna profseional di tahun 1994, saudari dari Serena Williams ini berhasil meraih 43 gelar juara. Gelar bergengsi yang diraih petenis Amerika Serikat itu di antaranya lima kali juara Wimbledon dan dua kali AS Terbuka. Bersama Serena, saudarinya, ia meraih emas nomor ganda di Olimpiade 2000 dan 2008.

Ia merintis sukses di tahun ketiganya di dunia pro. Puncaknya di medio awal millenium baru, Venus bersama Serena berhasil mendominasi.

Namun Venus juga pernah mengalami masa-masa redup, yakni antara tahun 2003 hingga 2006. Cedera dan juga rentetan kekalahan membuat karir petenis kelahiran 17 Juni 1980 itu suram.

Venus berhasil comeback pada tahun 2007. Saat ini ia berada di peringkat ketiga ranking dunia.

Perjalanan karir dan kisah Venus tersebut terangkum dalam buku Come to Win.

“Buku ini bercerita tentang bagaimana cara agar Anda bisa menampilkan yang terbaik dan mempersiapkan diri untuk meraih kemenangan. Ketika Anda tengah berjuang, entah dalam bidang apa pun, kuncinya adalah persiapan yang matang untuk aspek mental, fisik, dan emosional. Buku ini bercerita tentang bagaimana bersikap dalam hidup,” ujar Venus seperti dikutip dari Miami Herald.

Bagi Venus kunci dari sukses adalah tidak cepat berpuas diri, selalu menyegarkan diri dengan pikiran-pikiran yang baru dan variatif.

“Di dalam dan di luar lapangan Anda harus terus melakukan ‘pembaruan’. Tetap berada dalam kondisi segar, kondisi baru, dan melakukan evaluasi ulang terhadap situasi terkini. Sebab untuk menang tidak bisa dilakukan cara yang sama. Apa pun yang Anda kerjakan, Anda harus selalu dalam kondisi segar.”

Venus juga memberikan saran kepada orang yang tengah dilanda kebosanan ketika sedang mengerjakan sesuatu.

“Tidak mungkin Anda merasa bosan ketika melakukan sesuatu yang Anda senangi. Cobalah untuk menemukan sesuatu yang tetap membuat Anda terus belajar–apa pun bidang yang Anda geluti.”

“Contohnya, bidang utama saya adalah tenis. Jadi saya tidak mengenakan pakaian dengan model yang sama ketika bertanding tahun ini. Saya berusaha untuk mencari cara agar bisa lebih menikmati pertandingan, bahkan termasuk melakukan perubahan dalam hal pakaian,” kata juara tunggal putri Olimpiade 2000 itu.

Dalam buku Come to Win, Venus juga menyertakan sejumlah kisah dari 50 tokoh yang sukses di bidang masing-masing. Di antara 50 nama tersebut terdapat Magic Johnson (mantan pebasket), Billie Jean King (mantan petenis), Vera Wang (desainer), Bill Clinton (mantan Presiden AS) dan Condoleezza Rice (mantan menteri luar negeri AS).

“Mereka adalah orang-orang yang menghasilkan karya luar biasa. Mereka benar-benar membawa hal baru untuk apa yang mereka lakukan. Di waktu yang sama, mereka juga melakukan olahraga dan banyak yang tidak tahu tentang itu,” pungkas Venus.

( nar / din )

*) Detikdport, 17 September 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan