-->

Kronik Toggle

Kecam Pembakaran Alquran, SBY Berpidato Bahasa Inggris ke AS & PBB

Jakarta – Presiden SBY menyampaikan isi suratnya yang berbahasa Inggris kepada pemerintah AS dan Dewan Keamanan PBB. Surat tersebut menanggapi rencana pembakaran kitab suci Alquran oleh pemimpin gereja di Florida, AS, Pastor Terry Jones.

Dalam surat berbahasa Inggris yang disampaikan dalam pidatonya tersebut, SBY mengatakan rencana pembakaran Alquran akan menimbulkan konflik global dan kekerasan di dunia.

“Kami beserta semua pemuka agama di Indonesia tanpa pengecualian, mempunyai komitmen kuat untuk terus hidup dalam kedamaian antar sesama umat beragama. Namun saat ini dunia internasional tengah dalam ancaman bahaya dengan rencana Terry Jones yang menyampaikan ke publik bahwa dirinya akan membakar kitab suci Alquran,” tegas SBY dalam pidatonya di Istana Kepresidenan, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat (10/9/2010).

SBY meminta pemerintah dan masyarakat di AS untuk bisa mencegah tindakan yang dinilai tidak bermoral tersebut. Karena bisa merusak kerukunan antar umat beragama di dunia.

“Saya percaya pemerintah AS bisa mencegah terjadinya rencana tersebut dengan segera, karena itu bisa menimbulkan perpecahan dan kekerasan,” cetus SBY.

Kemudian SBY juga meminta kepada Dewan Keamanan PBB untuk bisa melakukan pencegahan rencana Terry Jones dengan segera. “Ini adalah sebuah isu yang serius, kita harus bergerak segera untuk mencegah timbulnya konflik dan kekerasan. Untuk menjaga kerukunan umat beragama di dunia,” tukasnya. (dnl/vta)

*) detiknews, 10 September 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan