-->

Kronik Toggle

Kaltim Tuan Rumah Hari Aksara Nasional

SAMARINDA – Kalimantan Timur dipercaya menjadi tuan rumah peringatan Hari Aksara Nasional ke 45 pada 10 Oktober 2010, ditunjuknya Kaltim dalam kegiatan tersebut karena provinsi ini mampu menuntaskan buta aksara hingga tersisa 1,7 persen.

Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Musyahrim di Samarinda Sabtu mengatakan, dari laporan yang diterima, dalam peringatan hari aksara nanti ada sekitar 3.000 peserta dari 33 provinsi di Indonesia yang akan menghadiri acara tersebut.

Menurut dia, Kaltim ditunjuk sebagai pelaksana hari aksara oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), pasalnya di provinsi itu telah mampu menunjukkan peningkatan penuntasan buta aksara secara nasional.

Kaltim yang mampu menuntaskan buta aksara hingga tersisa 1,7 persen, berarti melebihi dari target yang diinginkan pemerintah pusat, yakni sebesar 5 persen.

Pelaksanaan hari aksara akan dipusatkan di Balikpapan pada 10 Oktober, sedangkan saat ini instansi yang dipimpinnya melalui panitia pelaksana, tengah melakukan berbagai persiapan agar sukses.

Pelaksanaan hari aksara di Kaltim bukan hanya dinilai karena daerah ini mampu menuntaskan buta aksara, namun juga suksesnya Kaltim mengurangi angka pengangguran.

Warga yang buta aksara di Kaltim, selain dididik supaya bisa membaca dan menulis, mereka juga diberi pelatihan keterampilan agar bisa berusaha secara mandiri.

Guna mensukseskan program pemberantasan buta aksara, Pemprov Kaltim juga memberikan anggaran cukup besar, yakni mencapai Rp7 miliar pada 2010, dana tersebut selain untuk mengajak masyarakat bisa baca-tulis, juga untuk biaya pembekalan keterampilan.

Dia melanjutkan, dalam pelaksanaan hari aksara 10 Oktober akan dirangkai dengan beberapa kegiatan seperti pameran, seminar dan pemberian penghargaan kepada gubernur, bupati, walikota, tutor, tokoh pendidikan nonformal, wartawan, dan masyarakat umum.

Jenis penghargaan yang akan diberikan kepada tokoh yang peduli terhadap pemberantasan buta aksara tersebut adalah, Anugrah Aksara, Penghargaan Aksara, Perempuan Berprestasi, dan Taman Bacaan.

Sumber: Antara, 25 September 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan