Ini Dia 3 Pembaca eBook a la Sony

JAKARTA – Sony Corp baru saja meluncurkan tiga alat baca buku digital (ebook) terbaru, yaitu Pocket Edition, Touch Edition, dan Daily Edition. Ketiganya disebut-sebut sebagai “senjata” andalan Sony untuk menyaingi Apple iPad dan Amazon Kindle.

Ketiga pembaca eBook Sony diklaim hadir dengan layar yang lebih jernih dan tajam, desain yang lebih ramping, dan kontrol layar sentuh yang lebih kaya ketimbang pesaingnya.

Pocket Edition, pembaca eBook berlayar selebar lima inci dengan tampilan depan menyerupai Amazon Kindle akan dibanderol US$179, atau setara Rp1,61 juta. Sementara itu, Touch Edition hadir dengan layar selebar enam inci, dengan layar lebih tajam dan dilengkapi slot kartu memori dipatok US$230 atau setara Rp2 juta.

“Trennya, konsumen menginginkan produk layar sentuh, dan mereka rela menyisihkan uang untuk mendapatkannya,” kata Steve Haber, president of Sony’s digital reading unit, seperti dikutip Telegraph, Kamis 2 September 2010.

“Menurunkan harga menjadi lebih murah, bahkan sampai menjadi yang termurah, bukan tujuan kami. Untuk produk ini, kami tidak menyasar segmen kelas bawah,” ujar Haber.

Sony optimistis, tiga pembaca eBook yang baru dirilisnya akan mampu berkompetisi dengan Apple iPad dan Amazon Kindle. Tak hanya itu, raksasa produsen perangkat elektronik asal Jepang itu bahkan siap berhadapan dengan kios Barnes & Noble, yang baru-baru ini juga meluncurkan pembaca eBook di Amerika Serikat.

Ke depan, Sony juga berencana meluncurkan aplikasi mirip Kindle untuk iPhone dan perangkat berbasis Android, sehingga memungkinkan penggunanya mengunduh dan membaca ebook milik Sony melalui perangkatnya. Aplikasi yang disebut Reader Mobile Edition itu kabarnya akan dirilis akhir tahun ini. (art)

• VIVAnews 2 September 2010

Gus Muh

Gus Muh

Pencatat dan Pencatut Dunia Koran