-->

Lainnya Toggle

Impian Seorang Pensiunan

**)Catatan ringan Iman Suligi, pemilik dan pengelola taman baca Penabur Hikmah, Jember.

Dulu saya mencoba merumuskan cita-cita yang ingin saya lakukan setelah pensiun. Sederhana saja, membuat perpustakaan yang memiliki taman dan ruang dimana pengunjung bisa berdiskusi, memutar film, baca puisi di kebun. Sederhana, tapi tidak sederhana bukan? Tapi itu bukan mustahil, kan?

Cita-cita ini tidak mengada-ada karena ternyata sepanjang perjalanan hidup saya, dunia ini selalu terhubung dengan garis merah. Jika saya merunut balik ke masakecil, benang itu tak pernah putus menyambung dari satu tahap ke tahap berikutnya. Saya mensyukuri ini karena akhirnya juga menjadi jalan yang menuntun anak-anak saya.

Lima tahun sebelum saat itu datang tahun depan, saya segera memacu berbagai upaya. Lahan untuk itu akhirnya kudapat seperti mukjizat. Sedikit demi sedikit mimpi itu mulai mewujud dengan berdirinya ruang baca. Dan saya benar-benar mensyukuri keberadaan jejaring sosial di komunitas maya yang amat sangat menunjang proyek kecil ini. Dukungan, bantuan, pinjaman buku bergulir sedikit demi sedikit mulai menyemarakkan tempat ini. Anak-anak, remaja, warga pun mulai tertarik memanfaatkan koleksi yang tersedia di sini. Kelas bahasapun ternyata dibutuhkan, dan tadi sore sudah dimulai.

Minggu depan saya akan menutup halaman sekitar kolam dengan rumput begitu tunjangan itu cair. Bulan depan akan saya lanjutkan dengan memasang paving di halaman sebelahnya. Saya harap jika saat tugas dinas saya berakhir bulan Maret tahun depan everything will be OK sehingga tempat ini bisa berfungsi optimal.

Siang itu ada petugas ekspedisi mengantar paket besar sekali berisi seperangkat CPU, buku bacaan, dan entah apa lagi karena belum sempat saya buka. Lho! Saya kaget ternyata paket itu dari ibu Ani SBY, Bapak Mendiknas, Kick Andy dan entah siapa lagi. Plak….. ada daun jati jatuh ke mukaku dan aku terperanjat bangun he…he…he… ternyata sehabis nyapu kebun tadi aku tertidur di gazebo dan bermimpi indah.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan