-->

Kronik Toggle

Jelang Ramadhan, Penjualan Buku Agama di Mojokerto Meningkat

Mojokerto:  Sejumlah toko buku di Kota Mojokerto, Jawa Timur, kebanjiran pembeli buku-buku agama Islam. Di toko buku Toga Mas, Jalan Pahlawan, setempat misalnya. Sejak akhir bulan Juli, penjualan buku agama meningkat hingga dua kali lipat. “Rata-rata perharinya saya tidak tahu. Tapi, dua minggu ini 225 buku terjual. Biasanya tidak sampai jumlah itu,” kata Aini, kasir penjaga toko, Ahad (09/08).

Dalam satu hari ini saja, kata dia, ada satu orang yang memesan 25 kitab suci Al-Qur’an. Jelang Ramadhan kali ini Al-Qur’an memang paling banyak pembelinya. Sekitar 40 persen dari buku agama yang terjual adalah jenis itu. Selebihnya adalah buku tuntunan sholat, novel islami, tentang wirid dan do’a, hingga buku Yasin dan Tahlil.

Aini menambahkan, naiknya penjualan buku agama ini memang selalu terjadi setiap kali menjelang Ramadhan. Puncak pembelian, kata dia, biasanya terjadi pada awal-awal puasa.  Di toko buku Salemba, Jalan Bhayangkara, juga memperlihatkan gejala yang sama.  Meski tak bisa menyebut angka kenaikkan, seorang kasir laki-laki mengakui adanya kenaikkan itu. “Yang jelas penjualan kami di atas hari-hari biasa,” katanya.

MUHAMMAD TAUFIK

*) Dikronik dari Tempointeraktif, 8 Agustus 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan