-->

Kronik Toggle

Bohong, Buku Ramaditya Ditarik dari Peredaran

Buku Ramaditya | Kompas.com

Buku Ramaditya | Kompas.com

JAKARTA — Buku karya Eko Ramaditya Adikara, seorang bloger tunanetra, Blind Power: Berdamai dengan Kegelapan, ditarik dari peredaran. Pasalnya, buku itu memuat kebohongan Rama mengenai sejumlah musik game Jepang yang diakui sebagai karyanya.

“Buku itu telah ditarik dari peredaran sejak pertengahan tahun ini,” kata Rama saat dihubungi Kompas.com, Jumat (19/8/2010).

Buku besutan Grafindo Media Pratama terbit pertama kali tahun 2008. Buku itu telah menginspirasi banyak orang karena berisi kisah hidup Rama, seorang tunanetra yang memiliki banyak talenta.

Keterbatasan fisik tidak menghalangi Rama melakukan aktivitas layaknya manusia normal. Ia mampu bepergian ke mana-mana sendirian dengan angkutan umum, bahkan ke luar pulau, seperti Palembang dan Pontianak. Rama yang dikenal sebagai bloger ini bisa menikmati film dan fasih berbahasa Inggris. Ia juga dikenal sebagai kolumnis bidang teknologi di sebuah situs berita Indonesia.

Rama pencandu berat musik game. Di sinilah ia tersandung. Ia mengklaim bahwa sejumlah musik game Jepang adalah hasil karyanya. Sebuah komunitas pencinta game mendapati bahwa karya-karya itu bukanlah karya Rama.

Rama pun membuat pernyataan tertulis di atas meterai dan mengakui bahwa ia telah mengklaim karya orang lain. “Secara resmi saya meminta maaf kepada siapa pun yang dirugikan karena berita ini. Ke depan, saya tidak akan mengakui hal-hal tersebut dan hanya akan mem-publish hal-hal yang memang secara hukum adalah karya saya,” ucap Rama.

Namun, apakah Rama memang bisa membuat musik game? “Saya bisa membuat musik game. Tapi, dalam kasus ini saya memang me-rename beberapa file hasil karya orang lain sebagai karya saya,” jawab Rama.

Sumber: KOMPAS.COM, 19 Agustus 2010

5 Comments

Ratu Adil - 14. Agu, 2012 -

Setelah 2 tahun, akhirnya Ramaditya bangkit kembali! Masyarakat yang telah terbiasa memberi hujatan karena salahnya berangsur kembali mendukung Ramaditya. Ini terlihat dari berbagai pencapaian dan update yang diperoleh Ramaditya, yang terus diberitakan via website-nya http://www.ramaditya.com, serta puluhan kegiatan positif yang digelar secara nyata pada channel Youtubenya di http://www.youtube.com/ramadityaskywalker.

Jbalay - 29. Sep, 2012 -

ini mahh yang komen dia sendiri
Ratu Adil = rama aditya
si rama tuh pake nama orang laen untuk komen yang baek untuk dirinya sendiri. trus iklan deh bahwa dia sukses gini gitu. ehh jadi motivator ….
motivator bagaimana menggali kebohongan

cerewet - 06. Jan, 2013 -

wah emangnya si gan ini bisa buktiin kalo emang ratu adil itu rama gan? lagipula kalo ternyata emang terbukti ada kebaikan dan prestasinya apalagi kita bisa liat di videonya kenapa ga diapresiasi juga gan?

Melon - 03. Feb, 2013 -

eh link yg ngebahas tentang kasus rama di kaskus ditutup ya? katanya isi infonya nggak valid dan menjatuhkan?

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan