-->

Kronik Toggle

Inilah Daftar Pengarang Termahal

JAKARTA – Dalam berita yang dilansir Forbes kemarin, James Patterson– pencipta tokoh fiktif Alex Cross, Michael Bennett dan Daniel X–berhasil menyingkirkan Stephanie Meyer dan Stephen King dari kursi tertinggi daftar 10 pengarang termahal dunia. Dia mengumpulkan US$70 juta dalam 12 bulan terakhir. Total seluruh pendapatan pengarang dalam daftar itu US$ 270 juta. Inilah daftarnya.

Nomor 1. James Patterson, dengan pendapatan US$ 70 juta. Pengarang novel-novel thriller itu terakhir mengikat kontrak penulisan 17 buku hingga akhir 2012 dengan nilai US$ 100 juta. Kekayaannya termasuk kontrak televisi, buku komik, dan game. Mantan copywriter yunior di J. Walter Thompson itu terlibat dalam merancang sampul dan memasarkan buku-bukunya. Satu dari setiap 17 novel yang dibeli di Amerika Serikat ditulis oleh dia, kata Forbes. Selama dua tahun terakhir dia telah mencetak US$ 500 juta untuk Hachette, penerbitnya.

Nomor 2. Pengarang Twilight, Stephenie Meyer, mengumpulkan US$ 40 juta, meski tidak merilis satu buku baru pun di tahun 2009. Sekitar US$7 juta penghasilannya datang dari film yang mengadaptasi serial Twilight. Empat seri Twilight-nya terjual 40 juta kopi di Amerika Serikat dan 100 juta di seluruh dunia.

Nomor 3: Stephen King mengumpulkan US$ 34 juta. Di antara proyeknya adalah kontrak dengan DC Comics untuk turut menulis sebuah serial komik, karya musik dengan John Mellencamp, dan serial drama dengan jaringan SyFy bedasarkan novelnya, The Colorado Kid.

Nomor 4: Danielle Steel dengan penghasilan US$ 32 juta. Dia masih punya empat buku tahun ini dan akan menambah penghasilan US$ 7 juta setiap bukunya.Nomor 5: Ken Follett dengan penghasilan US$ 20 juta. Novelnya, The Pillars of the Earth, telah diangkat ke serial TV yang ditayangkan mulai Juli dengan bintang Donald Sutherland. Istri Follett adalah Mentri Kebudayaan di bawah Perdana Menteri Inggris Gordon Brown.

Nomor 6. Dean Koontz dengan penghasilan US$ 18 juta. Karya terbarunya, The Husband, keluar bulan Mei dan dipilih untuk Focus Features dan Random House Films. Seluruh 44 novelnya selalu masuk daftar buku laris New York Times.

Nomor 7. Janet Evanovich dengan penghasilan US$ 16 juta, tapi kekuatan penjualannya sebanding dengan James Patterson (sekitar 20 juta kopi terjual tiap tahun).

Nomor 8. John Grisham dengan penghasilan US$ 15 juta. Buku terbarunya, Theodore Boone: Kid Lawyer, adalah karya pertamanya yang ditujukan untuk pasar remaja. Awal tahun ini, seluruh 23 judul bukunya dijajakan dalam format buku elektronik oleh Random House.

Nomor 9. Nicholas Sparks dengan penghasilan US$ 14 juta. Salah satu pengarang roman top itu telah menjual 55 juta buku. Film yang mengangkat novelnya telah menambah penghasilannya US$ 300 juta.

Nomor 10. J.K. Rowling dengan penghasilan US$ 10 juta. Meski eranya sudah lewat, tapi penjualan bukunya masih menambah penghasilannya.

Sumber: Tempointerakif, 21 Agustus 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan