-->

Literasi dari Sewon Toggle

Belanja Buku

Belanja BukuYogyakarta — Bagi seorang pustakawan atau pemabuk buku, ke toko buku mestinya menjadi kebiasaan. Menjadi sesuatu yang wajar. Tak usah dihitung saking berkali-kalinya belanja buku.

Kali ini saya mungkin akan lebih sering terkait dengan penambahan koleksi di perpustakaan Indonesia Buku bernama “gelaranibuku”.

Tas belanja kali ini hanya 6 judul. Di Taman Pintar Yogya. Saya sudah mencatat daftar belanja: 4 buku tentang buku dan tokoh. Tapi tak ketemu dua dan bertambah daftar liar yang tak ada dalam rencana, bahkan dalam kelebatan pikiran sekalipun.

1. Saya dan Mas Harto: Memoar Romantika Probosutedjo karya Alberthiene Endah. Penjelasan dikit ya. Buku ini dibeli karena Indonesia Buku salah satu fokus kajiannya adalah tokoh dan lebih spesifik adalah studi presiden dan lingkaran dalamnya. Tadi, ingin beli juga Pak Beye dan Istananya yang baru terbit. Tapi ditunda dulu. Kapan-kapan.

2. Adat dan Politik Indonesia karya Jamie S Davidson. Ini buku tak ada dalam rencana. Tapi karena perpustakaan Indonesia Buku tersedia rak “Region” untuk studi kawasan, maka masuk tas belanja juga. Ini buku kompilasi studi para indonesianis tentang praktik hukum adat yang berbenturan dengan hukum-hukum lain di Indonesia. Ini nama-nama mereka yang terlibat menyumbang artikel: David Henley, Jamie Davidson, C Fasseur, Peter Burns, David Henley, David Bourchier, Daniel Fitzpatrick, Gerry van Klinken, Carol Warren, Renske Biezeveld, Jamie S Davidson, Maribeth Erb, Sandra Moniaga, Greg Acciaioli, Tania M Li. Satu-satunya penulis lokal yang ikut adalah Arianto Sangaji.

3. Penghancuran Gerakan Perempuan: Politik Seksual di Indonesia Pascakejatuhan PKI karya Saskia E. Wieringa. Tak masuk dalam daftar belanja, tapi perlu dikoleksi. Buku ini pernah diterbitkan oleh Kalyanamitra dan kini oleh Galangpress. Buku ini masuk tas belanja karena perpustakaan menyiapkan rak khusus untuk kajian-kajian dengan tema ini.

4. Dua Abad Penguasaan Tanah: Pola Penguasaan Tanah Pertanian di Jawa dari Masa ke Masa. Tak masuk dalam daftar belanja, tapi perlu dikoleksi. Selain untuk studi kawasan, juga terkait dengan kajian kritis yang juga mendapatkan tempat dalam perpustakaan. Buku ini memuat sejumlah esai penting tentang agraria. Antara lain karya Onghokham, Hiroyoshi Kano, D.H. Burger, Selo Sumardjan, Svein Aass, Justus M van der Kroef, Margo L Lyon, MM Billah, Loehoer Widjadjanto, Aries Kristyanto, Gunawan Wiradi, Usep Setiawan, Noer Fauzi, S.M.P. Tjondronegoro.

5. Putri Sirkus dan Lelaki Penjual Dongeng karya Jostein Gaarder. Sudah berkali-kali buku ini dibeli, tapi tetap menguap entah ke mana. Kali ini dibeli lagi untuk menambah koleksi novel-novel yang membahas dunia pengarang.

6. Cinta Pertama karya Ivan Turgenev. Tak ada dalam daftar belanja. Entah kenapa juga meloncat dalam tas belanja. Buku lama yang diterbitkan ulang Pustaka Jaya. Pertama kali terbit tahun 1972. Artinya, saya belum lahir.

Taman Pintar, 12 Agustus 2010 (waktu sore)

(Muhidin M Dahlan)

Berkunjung ya….. GELARANIBUKU, Jl Patehan Wetan No. 3, Alun-Alun Kidul, Yogyakarta, email: redaksi@indonesiabuku.com. Untuk sementara masih buka antara Jam 8.00 – 17.00

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan