-->

Kronik Toggle

Bandung Canangkan Wisata Buku

Bandung – Pemerintah Kota Bandung mencanangkan kotanya sebagai salah satu kota wisata buku. Pemerintah sendiri berencana menbuat fasilitas tempat duduk di taman kota sebagai tempat membaca buku.”Untuk bukunya nanti bisa di drop oleh perpustakaan keliling milik pemerintah kota,” ujar Dada Rosada, Wali Kota Bandung, Senin (2/8).

Ia menyatakan, untuk rencana pembangunan perpustakaan yang akan dibangun di bekas Mal Palaguna Alun-Alun Kota Bandung, masih dibicarakan dengan pihak Pemerintah Jawa Barat dan PD Djawi. Karena, PD Djawi selaku pengelola lahan bekas Mal Palaguna, menginginkan kawasan tersebut dibangun mal dan hotel.”Yang sudah pasti 40 persen area tersebut akan dibuat menjadi ruang terbuka hijau.”

Dada menegaskan, pemerintah akan fokus dulu pada sosialisasi minat baca buku pada masyarakat. Saat ini pemerintah hanya punya dua taman bacaan di Kota Bandung namun belum refresentatif. “Taman baca keliling yang akan kita wujudkan dulu. Tidak perlu bangunan fisik, kita akan menyiapkan tempat duduk dan pemilik perpustakaan akan dipersilahhkan menggunakan taman kota dijadikan taman bacaan,” katanya.

Keinginan Wali Kota Bandung untuk menjadikan daerah ini sebagai obyek wisata buku juga didukung Ikatan Penerbit Indonesia. “IKAPI akan mendorong pembangunan perpustakaaan di kelurahan kelurahan dahn kecamatan, agar masyarakat bisa mengakses buku,” ujar Anwarudin Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia Jawa Barat.

Anwarudin menegaskan, pada tahun kemarin IKAPI Jawa Barat telah mengirimkan paling tidak 28 ribu exlempar buku ke kelurahan dan perpustakaan.”Ikapi menghimpun buku dari para penerbit untuk didistribusikan pada perpustakaan. Kami akan membantu bukunya, pihak pemerintah menyediakan fasilitas ruang baca,” ujarnya.

ALWAN RIDHA RAMDANI

*) DIkronik dari Tempointeraktif, 2 Agustus 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan