-->

Kronik Toggle

Ani Resmikan Buku Tenun Handwoven Textiles of Indonesia

Jakarta – Tidak lama lagi tidak hanya Batik yang menjadi kekayaan budaya Indonesia dan telah diakui dunia. Kain Tenun sedang dalam proses pengukuhan budaya asli bangsa di UNESCO.

Demikian disampaikan Ketua Panitia acara HUT Cita Tenun Indonesia (CTI) Sari Hartanto Wibowo dalam acara Pesta Tenun di Hotel Ritz Calton, Pasific Place SCBD Jakarta, Jumat (27/8/2010).

“Saya laporkan kepada ibu negara Ani Bambang Yudhoyono, tenun sedang kami daftarkan ke UNESCO sebagai kekayaan budaya bangsa Indonesia,” jelas Sari.

Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Hatta Rajasa menerangkan, industri tenun memiliki potensi untuk tumbuh layaknya batik. Tenun juga bisa menjadi komoditas ekspor baru serta identitas pergaulan bangsa di dunia Internasional.

“Selain itu industri tenun bisa menjadikan integrasi, sinergi berbagai sektor dan wilayah. Sehingga seluruh potensi dapat tergali,” tambahnya.

Pemerintah sangat mengapresiasi dari pengurus CTI. Hal ini bisa menjadi referensi dalam promosi dan pengembangan tenun. “Tenun jadi adibusana sebagai pengungkapan tata krama, jati diri bangsa,” kata Hatta.

CTI sebagai perkumpulan yang relatif baru, menjadi harapan besar bagi perajin di bidang pemasaran. Program pemasaran CTI, lanjut Ketua Pengurus CTI Okke Hatta Rajasa, telah merambah kota-kota besar di dunia, seperti Den Haag & Amsterdam, Belanda serta Jepang.

Pada kesempatan yang sama Ani Bambang Yudhoyono juga meresmikan buku Tenun Handwoven Textiles of Indonesia. Buku ini sebagai pembuktian exsistensi CTI sebagai pelopor, pemrakarsa dan pelestari tenun di Indonesia.

Perayaan HUT CTI yang terselenggara hingga 29 Agustus 2010 juga diisi dengan 13 designer interior. Mereka menampilkan karya hasil interprestasi Tenun Indonesia ke dalam bentuk interior di setiap sudut ruang dalam rumah.

(wep/dnl)

*) detikfinance.com 27 Agustus 2010 dengan judul asli “RI Daftarkan Kain Tenun Jadi Kekayaan Asli”

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan