-->

Kronik Toggle

32 Tahun Lalu, Buku Putih Pertama G 30 S/PKI

Banyak kata telah ditulis, tapi pertanyaan-pertanyaan itu masih juga menggantung tak terjawab. Misalnya: Apakah betul PKI satu-satunya “dalang” peristiwa tersebut? Seberapa jauh ke terlibatan Presiden Soekarno dalam peristiwa itu? Mengapa PKI yang konon mempunyai hampir 20 juta pendukung hancur dalam petualangan itu? Betulkah bahwa PKI terpancing untuk memulai suatu kup?

Agaknya, menyadari itu, pada 19 Juli, Presiden Soeharto menginstruksikan untuk secepatnya menyelesaikan persiapan penerbitan buku putih tentang peristiwa Gestapu/PKI. “Tahun ini saya kira perlu keluar. Pokoknya, lebih cepat lebih baik,” kata Menteri-Sekretaris Negara Sudharmono seusai sidang.

Ternyata memang cepat.

Kamis esoknya, setelah menemui Presiden, Ketua DPR Jenderal Darjatmo, yang sebelumnya menjabat Kaskop kamtib, mengatakan buku putih itu sekarang sudah selesai dicetak dan dalam waktu dekat akan diedarkan ke masyarakat. Tujuan penerbitan untuk memberikan gambaran pada masyarakat mengenai Gestapu/PKI yang sebenarnya. “Jangan sampai ter jadi seperti peristiwa Madiun dulu, di mana PKI mengeluarkan buku putih yang memutarbalikkan fakta,” kata Darjatmo.

Sumber: MBM Tempo, 2 Agustus 2010

CATATAN: Di Perpustakaan GELARANIBUKU (Patehan Wetan 3, Alun-ALun Kidul Yogyakarta), buku putih yang memang berwarna putih keluaran Sekretariat Negara RI itu terkoleksi. Datang ya. Baca dan main-main.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan