-->

Kronik Toggle

Tahun Ajaran Baru, Penjualan Buku Bekas Meningkat

Surabaya – Tahun ajaran baru penjualan buku bekas meningkat. Seperti yang terlihat di Kampung Ilmu di Jalan Semarang. Pusat buku bekas ini menawarkan buku murah dari berbagai jenjang pendidikan. Jika beruntung, pengunjung bisa mendapatkan buku bekas murah dengan kualitas yang tak jauh dengan buku baru.

“Tiap tahun, kami selalu mencari buku di sini, soalnya harganya murah, bisa selisih 15-20 ribu dengan toko.” tutur Erni salah satu pembeli kepada detiksurabaya.com, Senin (19/7/2010).

Omzet penjualan buku di tahun ajaran ini cenderung naik, seperti yang diungkapkan Said, pria yang telah dua tahun berjualan di kampung ilmu mejelaskan,”Omzet penjualan naik sekitar 40-60 %,” tuturnya.

Berbeda dengan hari biasa, hari Minggu di tahun ajaran baru, merupakan ladang emas, bagi penjual buku. Asiyah salah satu pedagang mengatakan buku mata pelajaran untuk SD ramai dicari. “Terutama buku BSE SD, Penjualannya naik,” ungkapnya.

Di tengah naiknya omzet penjualan, banyak hambatan yang dialami pedagang, salah satunya dengan menurunnya pasokan buku bekas. Namun, kerugian akibat menurunnya pasokan buku bekas ini, bisa ditutupi dengan penjualan buku baru dengan harga yang murah pula.

“Pasokan buku bekas menurun, padahal buku bekaslah yang banyak dicari,” tandasnya.

(wln/wln)

*) Detiksby, 19 Juli 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan