-->

Kronik Toggle

OBITUARY: Sastrawan Achdiat K Mihardja Tutup Usia :

Melbourne: Sastrawan Achdiat K Mihardja hari ini tutup usia dalam usia 99 tahun di Jindalee Nursing Home, di kawasan permukiman Narrabundah, Canberra, Australia. Pengarang novel Atheis ini terkena stroke sejak dua pekan lalu. Almarhum rencananya dikebumikan hari ini di di pemakaman Woden setelah dishalatkan di Masjid Canberra.

Menurut Raudin Anwar, Kepala Bagian Informasi Kedutaan Besar Republik Indonesia, Achdiat yang sudah lama menderita penyakit diabetes, dua pekan lalu terkena stroke. Istrinya, Tati, membawa Achdiat ke rumah sakit untuk mendapat perawatan medis. “Setelah dianggap pulih, almarhum dibawa pulang,” kata Raudin.

Selama di Cnberra, Achdiat dan istri tinggal di rumah jompo Jindalee. Beberapa hari setelah dari rumah sakit, kondisi kesehatan Achdiat semakin memburuk. Tadi pagi sekitar jam 9 30, Achdiat menghembuskan nafas terakhir.

Achdiat Karta Mihardja lahir di Cibatu, Garut, Jawa Barat, 6 Maret 1911. Dia menampatkan pendidikan di  AMS-A Solo kemudian melanjutkan di Fakultas Sastra dan Filsafat (sekarang Fakultas Ilmu Budaya) Universitas Indonesia.

Almarhum  pernah bekerja sebagai redaktur Balai Pustaka kemudian menjabat sebagai  Kepala Jawatan Kebudayaan Perwakilan Jakarta Raya. Achdiat juga pernha menjadi dosen Fakultas Sastra UI mulai tahun 1956 hingga pensiun 1961. Setelah pensiun ia  menjadi pengajar di  Australian National University, Canberra, Australia, untuk mata kuliah kesusastraan Indonesia.

Atheis, novelnya yang diterbitkan tahun 1949 mendapat  Hadiah Tahunan Pemerintah RI tahun 1969 (R.J. Maguire menerjemahkan novel ini ke bahasa Inggris tahun 1972).  Sjuman Djaya mengangkat novel ini  ke layar perak tahun 1974 dengan judul yang sama. Selain itu, kumpulan cerpennya  yang berjudul Keretakan dan Ketegangan (1956) mendapat Hadiah Sastra BMKN tahun 1957.

DEWI ANGGRAENI

*) Tempointeraktif, 8 Juli 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan