-->

Kronik Toggle

Kampoeng Ilmu Gagas Taman Baca Hijau

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendongkrak minat baca. Wisata Pendidikan Kampoeng Ilmu, misalnya. Mereka kini bersemangat melangkah untuk mewujudkan taman baca atau perpustakaan di kawasan Jalan Semarang, Bubutan, itu.

Ketua Wisata Pendidikan Kampoeng Ilmu Budi Santoso mengatakan, sejak lama anak-anak di kawasan itu butuh taman baca. Taman baca tersebut terbilang unik karena berada di ruang terbuka hijau. Dengan demikian, taman baca tersebut sekaligus menjadi arena bermain yang menyenangkan. “Ini bisa menjadi daya tarik untuk anak-anak agar mereka gemar membaca,” tuturnya.

Menurut Budi, sebetulnya perpustakaan tersebut ada sejak lama. Hanya, pelaksanaannya terkendala oleh pembangunan fisik di sekitar Kampoeng Ilmu. “Jadi tidak optimal. Waktu itu kan banyak alat berat dan debu yang mengotori,” ujarnya.

Nanti, lanjut dia, taman baca itu dibentuk di sebuah pendapa dari bambu di tengah-tengah area Kampoeng Ilmu. Pendapa terbuka itu juga bisa menjadi tempat serbaguna. Orang tua bisa beristirahat setelah membeli buku di tempat itu. Sedangkan anak-anak bisa memilih dan membaca buku-buku yang disediakan. “Ini gratis dan terbuka untuk umum,” katanya. (puj/c8/hud)

*) Jawapos, 12 Juli 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan