-->

Kronik Toggle

Hari Anak, Siswa SDN Kaliasin Kerubuti Eco Mobile

Surabaya – Hari Anak Nasional digunakan siswa-siswi SDN Kaliasin berkumpul di lapangan. Lho? Rupanya mereka sedang mengelilingi mobil yang penuh buku bertuliskan ‘Eco Mobile’.

Mobil yang baru dilaunching ini milik Tunas Hijau yang merupakan organisasi peduli lingkungan dan anak-anak. Mobil hijau memiliki panel surya berkekuatan 1.000 watt berfungsi sebagai perpustakaan terbuka.

Dengan hadirnya mobil-mobil ini, anak-anak bisa bebas membaca buku tentang lingkungan, menonton film edukasi, dan memainkan games mendidik di komputer.

“Tujuan kami melaksanakan kegiatan ini adalah untuk melakukan edukasi lingkungan pada anak-anak dan masyarakat,” papar Presiden Tunas Hijau, Mochammad Zamroni kepada detiksurabaya.com, Jumat (23/7/2010).

Zamroni menuturkan mobil multifungsi tersebut akan digunakan untuk melakukan pelatihan lingkungan hidup, setidaknya 2 kali sehari. Tema yang diangkat Tunas Hijau bulan ini adalah pohon dan sampah. Tema tersebut bisa berubah tergantung isu lingkungan yang sedang berkembang.

“Bila hari libur, kami akan berada di tempat-tempat umum seperti taman. Ini agar masyarakat juga bisa memanfaatkan Eco mobile,” jelasnya.

Selain permainan yang berpusat di eco mobile, di dekatnya juga terdapat papan ular
tangga raksasa berukuran 5×5 meter. Papan ular tangga tersebut berisi tentang cara
menjaga lingkungan dari kerusakan ozon.

“Saya tadi diajari cara menjaga lingkungan,” kata Disya, siswa kelas 5 SDN Kaliasin sembari membaca buku lingkungan di Surabaya.

(fat/fat)

*) surabayadetik, 27 Juli 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan