-->

Kronik Toggle

Gubernur Soekarwo Buka Festival Indonesia Cerdas

GAYUNGAN – Festival Indonesia Cerdas mendapatkan apresiasi tinggi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim). Gubernur Jatim Soekarwo menilai, festival yang digagas Jawa Pos Grup tersebut merupakan ide cerdas nan mulia. Karena itu, festival tersebut harus diadakan secara kontinu agar lebih mencerdaskan masyarakat.

“Ini konsep yang sangat cerdas. Program itu sangat strategis untuk membangun karakter bangsa ini,” kata Pakde Karwo -sapaan Gubernur Soekarwo- saat membuka Festival Indonesia Cerdas di gedung DBL Arena, Jalan A. Yani 88, Surabaya, kemarin (7/7).

Yang terpenting dalam program seperti itu, lanjut dia, ialah implementasi. Dia menekankan kata implementasi tersebut sampai tiga kali untuk menunjukkan nilai pentingnya. Artinya, festival itu harus didekatkan kepada masyarakat. “Harus ada langkah lebih konkret yang bersentuhan langsung dengan pencerdasan masyarakat,” tegasnya.

Dia mencontohkan langkah Telkomsel. Dalam pembukaan kemarin, Telkomsel melakukan aksi sedekah buku. Ada 36.781.899 buku yang disedekahkan oleh perusahaan telekomunikasi tersebut kepada masyarakat Jatim. Sedekah buku itu diberikan langsung oleh Vice President Area Telkomsel Jawa-Bali Gilang Prasetya.

Festival Indonesia Cerdas bisa dinikmati masyarakat hingga 11 Juli mendatang. Pada hari pertama kemarin, acara langsung memikat banyak pengunjung. Mereka umumnya para siswa, orang tua murid, dan guru. Meski terbuka untuk semua kalangan, Festival Indonesia Cerdas lebih menekankan pada aspek pendidikan.

Festival tersebut diikuti 95 stan dari penerbit buku, toko buku, produsen perlengkapan pendidikan, dan sekolah-sekolah unggulan. “Kami sangat berharap masyarakat tertarik datang. Sebab, festival ini sarat dengan nuasa pendidikan dan sangat penting dalam membangun karakter bangsa,” tegas Mursyid Burhanuddin, ketua pelaksana festival. (fim/c8/roz)

*)Jawapos, 8 Juli 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan