-->

Kronik Toggle

ITB Luncurkan Buku Aura Biru

Bandung – Institut Teknologi Bandung meluncurkan buku berjudul “Aura Biru” dalam peringatan 90 tahun pendidikan tinggi teknik Indonesia di Aula Barat, Senin (12/7). Buku itu berisi beragam kisah yang ditulis 20 orang dosen dan karyawan selama kuliah dan bekerja di ITB. Tak hanya situasi dan perubahan di dalam kampus, para penulis juga mengaitkannya dengan kondisi zaman.

Para penulis itu diantaranya A.D. Pirous, Hariadi Soepangkat, Sri Sudarwati, Sudjana Sapi’ie, dan Kusnadi. Menurut Hariadi Soepangkat, kisah itu terangkai dari 1950 hingga 2010.

Di era 1950, kata dia, mahasiswa ITB saat itu gamang ketika berhadapan dengan bahasa pengantar asing oleh para guru besar dari Belanda, sistem studi yang bebas, serta gaya santai kehidupan mahasiswa. Perubahan terjadi pada era 1960-an ketika pengajar dari Kentucky Contract Team masuk. “Kegiatan akademik menjadi terstruktur dan terjadwal,” katanya.

Buku itu juga menceritakan kelahiran Mazhab Bandung lewat pameran lukisan 1954 di Jakarta. Kehidupan aktivis mahasiswa pada 1970-an juga dikupas hingga pendudukan kampus pada 1978 oleh tentara.

*) Tempointeraktif.com 12 Juli 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan