-->

Kronik Toggle

Bekas Kepala Perpustakaan Lumajang Ditahan

Lumajang – Bekas Kepala Kantor Perpustakan dan Arsip Kabupaten Lumajang Nanik Suherwati ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 2B Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menyusul ditolaknya kasasi yang ia ajukan atas kasus korupsi pengadaan buku perpustakaan ditolak Mahkamah Agung.

Kejaksaan Negeri Lumajang, Selasa siang tadi (27/7) mengeksekusi pegawai negeri sipil yang kini berdinas di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lumajang ini.

Kejaksaan awalnya hendak mengeksekusi Nanik saat tengah bekerja di kantornya. Hal ini menyusul surat panggilan yang dilayangkan Kejaksaan Negeri Lumajang tidak dipenuhi Nanik. Belakangan, Nanik datang ke Kantor Kejaksaan Lumajang, dan saat itu juga Nanik dibawa. tiga orang staf Kejaksaan ke lembaga pemasyarakatan.

Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Lumajang Darman Rumahombar menyatakan, putusan atas perkara terdakwa ini sudah mempunyai kekuatan hukum tetap. ”Kasasinya ditolak oleh MA,” kata Darman kepada Tempo.

Atas dasar itulah pihaknya kemudian melakukan eksekusi. Karena sebelumnya, yang bersangkutan memang tidak ditahan. Nanik dijatuhi hukuman satu tahun penjara oleh majelis Pengadilan Negeri Lumajang.

Kasus korupsi pengadaan buku untuk perpustakaan ini terjadi pada tahun anggaran 2006 dengan kerugian negara sekitar Rp 149 juta. Dari sejumlah kerugian tersebut, tersisa sekitar Rp 30 juta yang belum dikembalikan. Modus korupsinya adalah dengan melakukan mark up anggaran.

DAVID PRIYASIDHARTA

*) tempointeraktif, 27 Juli 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan