-->

Kronik Toggle

American Corner Perpustakaan UGM Raih Penghargaan

YOGYAKARTA – American Corner Perpustakaan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta meraih dua penghargaan dari Information Resources Center Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.

“Penghargaan itu adalah `Best Programming` dan `Best Reporting`. American Corner Perpustakaan Universitas Gadjah Mada (UGM) terpilih sebagai yang terbaik di antara 11 American Corner di perguruan tinggi se-Indonesia,” kata Kepala Perpustakaan UGM Ida Fajar Priyanto di Yogyakarta, Rabu.

Ia mengatakan penghargaan itu diberikan karena American Corner Perpustakaan UGM secara konsisten menunjukkan independensi dan kinerja yang baik dalam hal-hal yang berhubungan dengan pelaksanaan program selama dua tahun terakhir.

“Salah satunya adalah bisa melaksanakan program melampaui target yang ditetapkan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) di Jakarta. Dalam dua tahun terakhir, American Corner Perpustakaan UGM tercatat melakukan sekitar 144 program,” katanya.

Padahal, menurut dia, Kedubes AS di Jakarta hanya menargetkan empat program selama satu tahun atau delapan program selama dua tahun.

Ia mengatakan jumlah program yang dilaksanakan American Corner Perpustakaan UGM juga melampaui program di American Corner perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

Program yang telah dijalankan American Corner Perpustakaan UGM meliputi diskusi, seminar, konferensi video digital, program luar ruangan, kelompok bahasa Inggris, presentasi, pemutaran film, literasi informasi, dan pembinaan perpustakaan melalui mahasiswa KKN UGM.

“Tema yang diangkat juga bervariasi dari berbagai disiplin keilmuan. Di setiap program selalu menghadirkan dialog antara kedua pihak sehingga pengetahuan yang terkomunikasikan tidak hanya tentang Amerika, tetapi juga fenomena di Indonesia,” katanya.

Ketua Seksi American Corner Perpustakaan UGM Nur Cahyati Wahyuni mengatakan, penghargaan yang diraih itu atas kedisiplinan dalam mengirimkan laporan program secara menyeluruh dan proaktif mencari target peserta yang beragam, termasuk menjangkau masyarakat sekitar.

“Dalam menjalankan programnya, American Corner Perpustakaan UGM mengajak beberapa kalangan dari sekolah, lembaga swadaya masyarakat (LSM), lembaga kesenian, sivitas akademika UGM dan universitas lain, dan mahasiswa KKN UGM,” katanya.

Sumber: ANTARA.CO.ID, 28 Juli 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan