-->

Kronik Toggle

Wilis Arif Afandi Membukukan Blognya

IBOEKOE, SURABAYA:Ia suka menulis. Ia tanggap teknologi. Coba saja cari namanya di Facebook atau Google. Tjahjani Retno Wilis atau yang lebih dikenal sebagai  Wilis Arif Afandi, istri wakil walikota Surabaya ini membangun blog di wilis.blogdetik.com.

Catatan-catatan sederhana dalam blognya itu dikumpulkan dalam buku yang diluncurkan bersama buku karya suaminya, Besarkan Kue Bersama, Bukan Berebut Kue yang Sama di Cafe Taman, Surabaya Plaza Hotel, siang ini (4/6).

Buku Wilis yang bertajuk Cerita Kaum Pembesar: ilustrasi kehidupan keseharian ini dibahas oleh Sirikit Syah, Direktur Lembaga Konsumen Media Watch yang memberikan kata pengantar dalam buku Wilis

Menurut Sirikit, sebagai seorang penulis pemula, tulisan Wilis nyaris sempurna. Kalimatnya tidak pernah kehilangan subyek, predikat. Antar kalimat runtut, pilihan katanya tepat, susunan paragrafnya nyambung, dankaya ide. Tidak kalah dengan sarjana bahasa.

Hanya saja, Sirikit melihat isi buku agak kurang mendalam. Misalnya, cara ampuh mengatasi bayi menangis. Di buku ini hanya ditulis 5 alinea, ada kesan agak dangkal.

Wilis mengaku bahwa suaminya adalah mentor menulisnya. Arif Afandi yang memiliki latar belakang jurnalistik itu banyak menularkan ilmu menulisnya pada sang istri. Jadi, meskipun topik bahasan yang ditulis Wilis tergolong sederhana, namun bahasanya tidak sembarangan, tergolong rapi.

“Awalnya saya tidak percaya diri bahwa tulisan di blog saya bisa dibukukan. Apalagi waktu saya berteman dengan Lan Fang, dia sering bilang tulisan saya belum layak, kurang ini kurang itu. Tapi dia dan  teman-teman yang lain terus memberi motivasi sehingga saya nekat untuk terus menulis. Saya tak ingin ditinggalkan sejarah”

Akhudiat, penekun buku yang hadir dalam diskusi itu mengungkapkan kekagumannya pada teknologi dan memperkenalkan istilah baru.

“Kalau blog ditulis pindahkan menjadi book (buku-red) semestinya namanya bukan book tapi Blook, Blog-Book”.(DS)

1 Comment

Moko - 05. Jun, 2010 -

Selamat bu atas peluncuran bukunya

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan