Tang Lebun:Cafe,Buku,Film

Tang 3I:BOEKOE,SURABAYA: Teman-teman pecinta buku di Surabaya akan dimanjakan lagi dengan munculnya satu tempat nongkrong yang bernuansa cafe dipadu dengan sinematek (film) dan perpustakaan mini. Tang Lebun namanya.

Tang Lebun yang dalam bahasa Madura berarti sarangku rumahku ini adalah cafe milik Arik Rahman, seorang pegiat film indie di Surabaya. Cafe mungil yang menempati bekas tempat Billiard di Jl Karangmenjangan Gg 2 ini disetting dengan dinding batu bata merah abu-abu dan poster film. Karena Arik juga penggemar film, maka disediakan pula layar lebar untuk memutar film.

Silain film, Arik juga menyukai buku. Koleksi buku dari kakek dan ayahnya ia tata dengan rapi di beberapa sudut cafe. Buku-buku itu cukup beragam. Dari sastra, politik, filsafat, komik, hingga seni budaya. Beberapa koleksi lawasnya cukup membangkitkan gairah masa kecil tentang buku-buku cerita anak-anak terbitan balai pustaka.

Sambil membaca atau nonton film, kita bisa sembari mengudap beberapa makanan kecil dengan resep ala Tang Lebun yang harganya cukup bersahabat di kantong. Jika berkunjung kesana dimalam hari, suara jangkrik akan memberi nuansa pedesaan yang sunyi dan melenakan.

Cafe ini tersembunyi di gang kecil, maka baiknya setelah masuk Gang 2 lihat kanan jalan hingga menemukan gang kecil. Tang Lebun ada sekitar 500 meter dari jalan utama. Atau tanyakan saja ke penduduk sekitar, bekas tempat billiard. (DS)

Gus Muh

Gus Muh

Pencatat dan Pencatut Dunia Koran