-->

Kronik Toggle

Wikipedia Bhs Indonesia Peringkat 18 dari 270

JAKARTA – Berdasarkan jumlah pengunjungnya, situs web ensiklopedia Wikipedia Bahasa Indonesia menduduki peringkat 18 dari 270 proyek Wikipedia di seluruh dunia. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Ekslusif Wikipedia Indonesia, Siska Doviana di Jakarta, Selasa (30/3/2010).

Dikatakan Siska, peringkat Wikipedia bahasa Indonesia terus naik dilihat dari jumlah pengunjung dan jumlah artikel yang dihasilkan. Itu artinya, kata Siska masyarakat yang mencari pengetahuan melalui internet semakin banyak. “Dan nggak banyak dari mereka yang punya internet di rumah, untuk ukuran kita yang negara berkembang sudah lumayan,” katanya.

Oleh karena itulah dengan menggelar kompetisi menulis di Wikipedia Bahasa Indonesia, Siska berharap kualitas tulisan di Wikipedia dapat ditingkatkan. Wikipedia Bahasa Indonesia telah mencapai 1,2 juta kunjungan setiap hari. Berdasarkan data dari Alexa, Wikipedia Bahasa Indonesia menduduki peringkat 11 sebagai situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Sebanyak 40 persen arus pengunjung Indonesia mengunjungi situs Wikipedia Bahasa Inggris dan separuhnya, sebesar 50 persen mengunjungi Wikipedia Bahasa Indonesia.

Kompetisi menulis di Wikipedia Bahasa Indonesia akan menyeleksi 90 peserta dari 10 perguruan tinggi di Jakarta, Bogor, dan Tangerang yang dipilih acak. Pemenang kompetisi ini akan mewakili Indonesia dalam konferensi internasional Wikimania 2010 di Gdansk, Polandia.

 Sumber: KOMPAS.COM, 30 Maret 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan