-->

Kronik Toggle

USAID Hibahkan Buku

Makassar -Lembaga Independen Pemerintah Federal Amerika (USAID) memberikan bantuan berupa 9.400 buah buku bacaan kepada 15 sekolah dan 2 pusat sumber belajar gugus di Kecamatan Tamalanrea dan Mamajang, Selasa (9/3). Selain bantuan buku, USAID juga memberikan pelatihan metode membaca kepada guru.

Bantuan buku tersebut diterima langsung oleh Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, setiap sekolah masing-masing akan mendapat 600 buku untuk kelas 1,2 dan 3. Tidak hanya bantuan buku, tetapi guru-guru sekolah dasar juga diberi pelatihan pengembangan profesionalisme guru dalam menggunakan buku untuk materi baca di dalam pelajaran, agar menarik minat siswa untuk membaca.

“Membangun Makassar ini tidak harus dilihat dari segi fisik saja. Tapi bagaimana melihat perkembangan global yang tergantung pada kualitas tenaga pendidik dalam mentransfer ilmu kepada anak didik saat ini,” kata Ilham.

Koordinator Program Pendidikan Dasar USAID David Ehrmann, menyampaikan penghargaan kepada Pemerintah Kota, karena berinisiatif menyukseskan Gerakan Makassar Gemar Membaca. “Ini adalah salah satu inisiatif terbaik, demi menekan angka buta aksara,” katanya

Menurut David, pemerintah kota Makassar adalah salah satu kota yang paling intens dalam melancarkan program membaca di kelas, dibandingkan dengan 9 Kabupaten/ kota lainnya di Sulawesi Selatan. Alasan itulah maka dihibahkan buku yang akan diberikan secara bertahap.

Selain membekali buku untuk program membaca, pihak USAID juga memberikan pelatihanĀ  pengembangan profesionalisme guru dalam menggunakan buku untuk materi baca di dalam pelajaran. Pelatihan khusus ini diberikan selama dua hari, yang diharapkan sukses mengajak anak sekolah untuk rajin membaca buku.

ICHSAN AMIN

*) Dikronik dari Tempointeraktif, 9 Maret 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan