-->

Kronik Toggle

Siswa Belajar Siaga Bencana lewat Komik

JAKARTA- Pengenalan siaga bencana untuk siswa sekolah ternyata dapat dilakukan dengan berbagai cara. Selain memasukkan pendidikan bencana dalam kurikulum sekolah dan simulasi yang dilakukan berkala di sekolah, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) juga meluncurkan komik dan buku untuk siswa sekolah. Buku dan komik yang diberi judul Pesisir dan Pantai Kita ini berisi tentang pengalaman bencana tsunami serta penanggulangannya.

Buku yang diperuntukkan bagi siswa sekolah dasar hingga sekolah menengah atas ini isinya disesuaikan dengan tingkatan sekolah siswa. Tentu saja, buku untuk siswa kelas 1 berbeda cara penyampaiannya dengan buku untuk siswa kelas 7.

Hal ini disampaikan Peneliti Kependudukan LIPI, Deni Hidayati ketika jumpa pers di Kantor LIPI, Jl. Raden Saleh 43, Jakarta Pusat, Senin (22/3/2010). “Distribusi buku dan komik ini dipercayakan pada Kementerian Pendidikan Nasional. Buku ini sendiri sudah ada sejak Mendiknas yang dahulu dan sekarang terus dikembangkan.” tutur Deni yang sekaligus menjadi pimpinan penelitian tentang kesiapsiagaan masyarakat dalam rangka mitigasi kerentanan sosial.

Awalnya, buku dan komik ini hanya didistribusikan untuk anak-anak yang berada di daerah pesisir saja. Namun, sekarang ini pendidikan bencana harus dilakukan menyeluruh sehingga direncanakan untuk melakukan distribusi buku ini lagi kepada siswa di tiap sekolah.

*) Dikronik dari oase kompas, 23 maret 200

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan