-->

Kronik Toggle

Pelatihan Jurnalistik Identitas Hadirkan Tokoh Nasional

Makassar – Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar yang diselenggarakan Penerbitan Kampus Universitas Hasanuddin, Identitas,  yang mulai digelar besok akan menghadirkan pemateri dari praktisi pers lokal dan nasional.

Salah satu tokoh nasional yang akan hadir adalah Kepala Editor Korporat Tempo Bambang Harymurti. Wakil Ketua Dewan Pers ini dijadwalkan membawakan materi Kode Etik dan Etika Jurnalis pada hari Ahad. Pelatihan akan berlangsung di LEC Athirah Antang.

“Sejak tahun lalu, kami menghadikan pemateri dari Dewan Pers karena mereka sangat pas untuk memberikan pengenalan kepada mahasiswa dan masyarakat tentang jurnalisme,” kata Atrasina Adlina, Ketua panitia pelatihan hari ini. Mahasiswi Jurusan Ilmu Kelautan Universitas Hasanuddin ini menambahkan, pelatihan ini adalah kegiatan tahunan Penerbitan Kampus Identitas. Tujuannya untuk mengenalkan ke mahasiswa dan masyarakat umum tentang bagaimana membuat berita yang baik dan benar.

Ada pun pemateri lainnya datang dari berbagai media lokal seperti Koran Tempo Makassar,  Fajar, Tribun Timur,  dan Seputar Indonesia. Selain itu juga ada dari Lembaga Kantor Berita Nasional Antara Biro Makassar, Fajar TV,  The Djakarta Post, Trans TV, Trans 7 dan ANTV.

Mereka akan membawakan materi-materi jurnalistik, di antaranya kompetensi jurnalis, kiat wawancara dan menggali keterangan, teknik berburu berita yang baik, penulisan berita langsung dan berita khas, fotografi jurnalistik, serta pengenalan jurnalisme elektronik dan daring.

Tak hanya praktisi pers, juga ada materi- materi penulisan di luar penulisan jurnalistik. Seperti penulisan opini, artikel, esai, cerita pendek, puisi, dan prosa. Materi tersebut akan dibawakan oleh penulis, penyair, direktur Iranian Corner dan direktur Lembaga Penerbitan Universitas Hasanuddin.

Pelatihan akan dibuka pukul 09.00  oleh Rektor Universitas Hasanuddin Idrus A. Paturusi. Pesertanya adalah puluhan mahasiswa dari perguruan tinggi se-Makassar serta dari masyarakat umum.

SUKMAWATI

*) Dikronik dari tempointeraktif, 11 Maret 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan