-->

Kronik Toggle

Anak-Anak Korban Gempa Dapat Motor Perpustakaan

TASIKMALAYA-Dampak gempa Tasikmalaya yang terjadi tahun lalu ternyata masih dirasakan oleh anak-anak sekolah sekolah di lokasi gempa. Sampai saat ini mereka masih merasa kesulitan dalam mendapatkan buku-buku berkualitas untuk menunjang proses belajar mengajar mereka di sekolah.

Ini mendorong PT XL Axiata Tbk (XL) memberikan donasi berupa 4 unit Motor Perpustakaan Keliling bagi anak-anak usia sekolah di 4 wilayah gempa Jawa Barat. Perpustakaan Keliling ini dilengkapi koleksi buku bacaan fiksi dan non fiksi, alat permainan edukatif dan media pendidikan lain yang dikemas secara menari.

ROBERT DEDY PURWANTO GM Network XL Central Region dalam siaran pers yang diterima suarasurabaya.net, Kamis (18/03), mengatakan melalui bantuan Motor Perpustakaan Keliling ini diharapkan dapat meningkatkan ketertarikan anak-anak korban gempa untuk membaca sehingga dapat menambah ilmu pengetahuan mereka dengan koleksi buku-buku berkualitas yang disediakan.

Bantuan ini merupakan penyaluran SMS Infaq & SMS Donasi Tasik yang diberikan pelanggan XL melalui SMS yang dikirimkan sesaat setelah gempa terjadi beberapa waktu lalu dan untuk biaya operasional setiap bulannya dibantu oleh himpunan zakat dari karyawan XL yang dikordinir oleh MTXL ( Majlis Ta’lim XL).

Dalam penyampaiannya kepada masyarakat korban gempa XL menggandeng PKPU ( Pos Keadilan Peduli Umat ) sebagai salah satu lembaga kemanusiaan nasional yang sudah terpercaya dalam membantu meringankan penderitaan umat secara cepat.

Program yang berada di dalam agenda program Rehabiltasi & Rekonstruksi PKPU ini tidak hanya menyediakan Perpustakaan Keliling saja tetapi juga para Pustakawan yang sebelumnya sudah dibekali ilmu dasar pustaka seperti katalogisasi buku, pengelolaan sirkulasi buku, perawatan buku dan manajemen perpustakaan.

Untuk menjadikan Perpustakaan ini lebih menarik serta bisa dinikmati oleh anak-anak, mereka juga diberikan ilmu psikologi perkembangan anak serta kepandaian bercerita dengan berbagai media (cerita dengan media tali, sapu tangan, origami, bernyanyi, kertas, gambar dan tanpa media).

Bantuan 4 unit Motor Perpustakaan Keliling ini beroperasi di kabupaten Pengalengan, Ciweudeng, Ciparay dan Banjaran. Mereka akan mengunjungi satu titik lokasi sebanyak dua kali per minggu. Satu Area akan dilayani selama 3 bulan, apabila minat masyarakat dianggap masih cukup tinggi maka akan diperpanjang sampai 6 bulan. Satu kali kunjungan berlangsung selama 6 jam dibagi ke dalam 2 kelompok, pagi dan siang. Motor perpustakaan singgah ke sekolah-sekolah, panti asuhan, taman bermain, dan pusat keramaian. (tin)

*) Dikronik dari SuaraSurabaya.net, 18 Maret 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan