-->

Kronik Toggle

Berburu Buku di Islamic Book Fair

JAKARTA — Kabar gembira bagi para pencinta buku. Untuk kesembilan kalinya, Pameran Buku Islam atau Islamic Book Fair (IBF) digelar di Jakarta, tepatnya di Istora Gelora Bung Karno, Senayan. Pameran ini akan berlangsung mulai 5 Maret dan akan berakhir pada 14 Maret.

Meski di awal pembukaan pameran yang berlangsung Jumat (5/3), antusiasme pengunjung tak terlalu banyak, namun diperkirakan puncak pengunjung pameran akan berlangsung hari ini (6/3) dan besok (7/3).

Yang menarik dari pameran ini, suasana Islam sangat terasa. Di salah satu sudut ruangan di Istora Gelora Bung Karno, terdapat maket buku raksasa. Pada maket tersebut tertera potongan surat Al Araf ayat ke-23. Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat pada kami, niscaya kami pastilah termasuk orang-orang yang merugi.

Selain itu, lantunan nasyid sesekali juga terdengar. Ini membuat Istora menjadi tampak berbeda dibandingkan hari-hari biasanya. Di kiri dan kanan ruangan, buku bernuansa Islami berjejalan. Tak hanya buku-buku nonfiksi. Tapi, bertebaran pula novel-novel Islam karya novelis ternama. Buku-buku ini berjejer apik seakan berada di panggung mode, beradu untuk dibeli. Terlihat hiruk pikuk orang-orang menawarkan buku.

Nurazizah Tambunan, seorang pengunjung, pun melontarkan apa yang ada di dalam benaknya. ”Acara ini positif. Karena menunjukkan luar biasanya buku-buku Islam bermunculan. Akan tetapi, akan lebih baik juga acara ini tak hanya dilakukan di Jakarta. Bisa dilakukan di tempat lain di Indonesia,” katanya.

Lain lagi bagi Atiqah (33), pengunjung lainnya. Ia seakan mendapatkan sebuah oasis yang telah lama dicarinya. Dengarlah penuturannya. Islamic Book Fair ini, kata dia, merupakan salah satu cara dirinya mendapatkan bacaan yang menyejukkan hati. Ia telah merasakan manfaat yang diperoleh dari bacaan-bacaan Islami ini. ”Buku Islami, tak hanya enak dibaca, tapi juga memberikan pelajaran bagaimana seharusnya kita bersikap dalam kehidupan. Bagi saya, Islamic Book Fair ini merupakan penyejuk hati,” kata Atiqah. Dan, penyelenggaraan pameran ini memang memiliki tujuan agar orang-orang seperti Atiqah terpenuhi hasratnya.

Kegembiraan dan rasa bahagia, tak hanya menyelusup ke dalam hati Atiqah maupun Nurazizah. Perasaan itu juga dirasakan oleh para pihak penerbit. Sebab, ini menjadi ajang bagi pertemuan antara mereka dengan masyarakat sebagai pembacanya. Ini, kesempatan besar bagi mereka memperkenalkan buku-buku terbitannya. ”Kegiatan ini bagus sekali, apalagi untuk promosi buku-buku Islam,” katanya. Bahkan, ia pun menyatakan bahwa pihaknya menerapkan langkah untuk memikat hati para pembeli. ”Kami memberi potongan harga mulai 20 hingga 70 persen,” janji Marketing Officer Mizan Group, Ahmad Saiful.

Hal yang sama terungkap dari bibir Maulani, seorang staf marketing sebuah penerbit Alquran. Bagi dia, pameran buku ini menjadi sebuah ajang yang sangat berarti untuk memublikasikan produk-produk mereka. Melalui kegiatan ini, kata dia, Alquran yang diterbitkan perusahaannya dikenal banyak orang. ”Tak hanya di Indonesia, tetapi dunia.”

Sebab, ungkap Maulani, banyak juga pelanggan dari luar negeri yang sengaja bertandang ke Indonesia untuk hadir dalam Islamic Book Fair ini. Gelaran pameran ini, tentu memang diharapkan menjadi sebuah hal yang menguntungkan bagi para peserta yang terdiri atas 145 peserta, yaitu 100 penerbit dan 45 perusahan multiusaha.

Di sisi lain, Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) DKI Jakarta, Afrizal Sinaro, mengatakan, pameran buku ini merupakan inspirasi untuk menumbuhkan minat baca umat.

Dengan demikian, ungkap Afrizal, umat Islam akan terus terikat dengan buku sehingga mereka memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas. Dan setiap tahun, pameran ini juga mengusung pesan dalam sebuah tema yang sengaja disajikan kepada masyarakat. Tema tahun ini adalah Membangun Generasi Islami, Cerdas, dan Mandiri.

Ketua Panitia Islamic Book Fair 2010, Iwan Setiawan, mengatakan, tema ini sengaja diusung sebagai sebuah dukungan terhadap pemerintah, terutama dalam mewujudkan pendidikan dan pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat. ”Ini sebuah upaya untuk menyukseskan program yang digalang pemerintah,” katanya.

Di Islamic Book Fair ini, masyarakat tak hanya disuguhi buku-buku Islam. Terdapat pula beragam buku bergenre pop yang sarat dengan nilai-nilai kemanusiaan. Misalnya, ada buku berjudul Angela’s Ashes karya Fank McCourt. Ada pula buku terbaru Dan Brown (penulis Davinci Code), The Lost Symbol. Tak hanya itu, bagi pencari buku-buku kuno untuk dikoleksi, sejumlah stan menyediakannya dengan harga terjangkau. Dan, semuanya dijamin ada potongan harga.

Sumber: Republika, 6 Maret 2010

1 Comment

Muhammad Isa - 11. Apr, 2010 -

telah terbit BUKU FAKTA “NANI ‘ISA ATAU YESUS DI LECEHKAN” HARGA RP.20.000 TERSEDIA DI TOKO BUKU: AZIZ AGENCY SRIWEDARI SOLO, ROBBANI JEBRES SOLO, AL FAZA UMS SOLO, AROFAH NGRUKU SOLO.

sekilas tentang buku ini:

Buku ini ber-isi tentang kutipan dari ayat ayat alkitab yang mensifatkan Nabi Isa atau Yesus dengan sifat sifat yang buruk dan tercela. dan diantaranya ialah memerintahkan manusia supaya membenci ibu dan ayahnya, memerintahkan manusia supaya memakan darah dan daging manusia, memerintahkan manusia supaya tidak melawan orang yang hendak merampas harta dan kehormatan kita, kisah diciuminya nabi Isa atau Yesus oleh seorang wanita yang bukan istri dan bukan pula keluarganya, kisah angkuhnya Nabi Isa atau Yesus terhadap Ibunya, kisah Nabi Isa atau Yesus yang pemarah dan sifat sifat tercela lainnya.

Buku ini juga mengupas kutipan ayat ayat hukum alkitab yang sangat memberatkan umat manusia dan diantaranya ialah dilarang melakukan pekerjaan apapun pada hari sabtu, dan jika ada seseorang yang melenggarnya, maka hukumannya yaitu dilempari batu sampai mati. juga larangan bagi wanita untuk menikah lebih dari satu kali. dan jika ada seorang wanita yang menikah dua kali, maka ia dianggap sebagai wanita pezina. dan aturan aturan alkitab lainnya yang sangat memberatkan umat manusia.

Buku inipun juga mengupas Ibadah Ibadah Islam yang dikerjakan dan di akui oleh oleh Nabi Isa atau Yesus. seperti halnya sholat, zakat, puasa satu bulan, sunat, thowaf haji dan ibadah ibadah Islam lainnya.

JIKA ANDA BERMINAT BISA MEMBELI BUKU TERSEBUT LANGSUNG KE TOKO BUKU ATAU WESELKAN RP. 30.000 KE ALAMAT PENERBIT: KAROMAH JL. NGEBRUSAN 34 RT3 RW2 KESTALAN SOLO ATAS NAMA: ADI FANDIYASA. WESEL SAMPAI MAKA BUKU LANGSUNG DIKIRIM SESUAI ALAMAT PERMINTAAN.. INFORMASI HUBUNGI : 0271 9170500 ISA YANG MERINDUKAN YESUS

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan