-->

Kronik Toggle

Ada Buddha di Jambu Kediri

KEDIRI–“Saya jadi teringat pada ibu saya sendiri bagaimana susahnya membeli alat-alat sekolah,” demikian komentar Heri, salah seorang murid Mts Miftahul Huda yang ikut nonton bareng di halaman Gelaran Buku Jambu Kediri yang pada siangnya resmi dibuka (28/02). Film yang dimaksudkan adalah “Buddha The Collapsed Out of Shame” yang disutradarai Hana Makhlabaf dari Iran. Subtittled film ini dikerjakan oleh komunitas penggila film di Jogja, The Universal Entertainment dan sekaligus mereka nobatkan sebagai film wajib tonton.

Film ini berkisah tentang seorang gadis kecil di tanah tandus Afghan yang ingin sekali bersekolah, pintar membaca, dan mencintai cerita-cerita. Tapi ia tak punya uang. Bahkan untuk membeli buku tulis dan pensil. Atas saran teman kecilnya ia menjual telur di pasar. Namun usaha keras yang dilakukan gadis kecil ini tak berderma karena tak satu pun sekolah menerimanya. Bahkan buku catatannya yang susah payah dibelinya oleh anak laki-laki direbut, disobek, dan dijadikan “pesawat” untuk “menggempur” Amerika.

Film yang sederhana, tapi menyimpan magnituda di bagian akhirnya ini adalah serangkaian acara yang digelar dalam peluncuran Taman Baca Gelaran Buku Jambu Kediri. Sayang, sebagaimana nasib pagelaran “Misbar” (Gerimis Bubar), saat film berakhir, hujan lebat langsung mengguyur. Walhasil, Heri yang sedang mengutarakan uneg-unegnya ditinggal lari puluhan teman-temannya. (GM/IBOEKOE)

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan