-->

Lainnya Toggle

Tulis Wasiat ketika Muda

warisanUSIA senja adalah gerbang menuju kehidupan selanjutnya. Ketika memasuki usia tua, seseorang harus benar-benar mempersiapkan diri. Sebab, tenggat untuk akhir kehidupan di dunia mulai dekat.

Namun, kematian tidak selalu berarti akhir bagi segalanya. Terkadang, kematian seseorang justru menjadi awal masalah. Tak jarang, anak-anak yang ditinggalkan terlibat perebutan harta. Penyebabnya, orang tua tak meninggalkan surat warisan.

”Surat warisan ini penting untuk menghindari sengketa. Tapi, orang Indonesia kebanyakan merasa tabu untuk bikin itu. Anggapannya, kok seperti mengharapkan kematian,” kata wealth planner Devie Deviesa.

Padahal, fungsi surat warisan banyak. Yang utama, surat warisan menjadi dasar untuk pembagian kekayaan kepada ahli waris. Selain itu, dokumen tersebut menjadi data investasi seseorang.

Tentu, surat wasiat bisa menjadi penolong untuk mendata kekayaan seseorang setelah dia meninggal. ”Jumlah harta milik almarhum sering tidak terdeteksi. Kalau ada surat wasiat, daftarnya akan lebih jelas. Pembagiannya pun lebih mudah,” tutur ayah dua putri tersebut.

Lantas, kapan saat yang tepat untuk membuat surat wasiat? Menurut Devie, yang paling pas bukan ketika masa tua mulai datang, melainkan jauh sebelumnya. Yakni, ketika seseorang mulai memiliki anak.

Hal itu bukan berarti seseorang terlalu takut menghadapi kematian, melainkan mempersiapkan segalanya lebih awal. ”Lagi pula, isi surat wasiat kan bisa diubah. Sebaiknya, rutin meng-upgrade surat wasiat jika ada perubahan harta atau susunan anggota keluarga,” papar Devie. (rum/nda)

*) Dikronik dari Jawa Pos, 26 Januari 2010

2 Comments

Putri Sarinande - 01. Feb, 2010 -

malah Mbak, Iwe (maren2 sih dia kerja untuk Jawa Pos, kayaknya masih deh sekarang..) membuat dalam Buku Karikaturnya sketsa berupa warisan ke anak adalah lima buah blog (dan beberapa bulan setelahnya, saya menemukan artikel tentang “Apa yg Terjadi pada email Anda ketika Anda meninggal)

Diana AV - 02. Feb, 2010 -

ada tuh situs khusus menulis surat wasiat, email itu akan terkirim ke orang-orang di waktu yg bisa kita atur. namanya apa, aku lupa, yg jelas dulu aku baca di majalah Chic. Jadi kalau kita pilih 20th kedepan baru terkirim, tapi ternyata 20th kedepan mash hidup, ya perpanjang lagi, tapi kalo tiba2 sebelum 20th sudah koit, ya terkirimnya nunggu 20th lagi. Kan email ga tau kita sudah koit, hehehee

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan