-->

Kronik Toggle

Jawa Pos Terbitkan Majalah Panduan Piala Dunia

SURABAYA – Perhelatan Piala Dunia 2010 kurang 137 hari lagi. Gaungnya pun semakin terasa mendekati kickoff pada 11 Juni nanti.

Penggila bola (gibol) di Tanah Air pasti tidak ingin melewatkan kesempatan menikmati even di Afrika Selatan (Afsel) itu, khususnya mengetahui beragam informasi seputar Piala Dunia. Karena itu, Jawa Pos dengan bangga menerbitkan majalah panduan Piala Dunia berjudul Jawa Pos Group World Cup Guide 2010.

Sengaja majalah tersebut diterbitkan sejak dini agar para gibol punya persiapan matang menyambut pesta sepak bola terbesar sejagat itu.

Layaknya panduan, majalah berisi 184 halaman itu menyajikan segala hal yang berkaitan dengan Piala Dunia 2010. Di antaranya bedah kekuatan 32 kontestan yang meliputi data negara, daftar skuad, road to final, profil pelatih, player to watch, hingga ulasan kekuatan tim dan teknisnya.

Di halaman depan diceritakan tentang sejarah Piala Dunia beserta statistik dan rekor-rekor yang tercipta sejak Piala Dunia pertama pada 1930. Ada pula ulasan tentang Afsel, seperti profil kota-kota penyelenggara, stadion, akomodasi dan transportasi, hingga tiket.

Tak ketinggalan sisi-sisi lain, mulai maskot (Zakumi), bola resmi (Jabulani), vuvuzela, pernik-pernik suporter hingga si cantik Charlize Theron yang dipilih sebagai duta kampanye Piala Dunia 2010. Hanya dengan merogoh kocek Rp 40 ribu, para gibol sekaligus mendapatkan bonus poster dan jadwal pertandingan lengkap.

Dalam sejarahnya, Jawa Pos merupakan media yang memberikan perhatian besar terhadap Piala Dunia. Sejak 1986, Jawa Pos menyajikan halaman maupun liputan khusus sehingga Anda memperoleh informasi lengkap seputar even olahraga terbesar dunia itu. Jawa Pos juga senantiasa mengirimkan para peliput untuk memberikan kisi-kisi lain yang mungkin tidak terdapat di media lain.

”Kami berencana menyajikan berita Piala Dunia 2010 selengkap-lengkapnya karena Piala Dunia kali ini diikuti semua tim terbaik dunia,” kata Candra Wahyudi, kepala kompartemen Sportivo Jawa Pos.

Ya, Piala Dunia 2010 yang memasuki edisi ke-19 itu dianggap sempurna karena persaingan melibatkan semua tim besar yang ada di muka bumi. Tujuh juara Piala Dunia -Brazil, Italia, Jerman, Argentina, Inggris, Prancis, dan Uruguay- lolos ke Afsel.

Asia untuk kali pertama diwakili dua negara Korea, Korea Selatan dan Korea Utara. Australia dan Selandia Baru, yang dulu selalu berebut satu tempat, juga sama-sama mendarat di Afsel. Benua Afrika pun mengirim duta terkuatnya, seperti Kamerun, Nigeria, Ghana, dan Pantai Gading.

”Piala Dunia kali pertama dilangsungkan di Afrika dan sesuatu yang pertama biasanya sangat menarik perhatian,” ucap Presiden FIFA Sepp Blatter.

Tak berlebihan bila FIFA menaikkan prize money Piala Dunia 2010. Kenaikannya mencapai 60 persen bila dibandingkan dengan edisi 2006 di Jerman. Total prize money USD 420 juta atau sekitar Rp 3,8 triliun (kurs USD 1 = Rp 9.220). Dari jumlah itu, USD 30 juta (Rp 276,6 miliar) di antaranya untuk sang juara dan USD 9 juta (Rp 82,98 miliar) bagi setiap kontestan. (dns/iro)

*) Dikronik dari Jawa Pos, 24 januari 2010

4 Comments

Galih - 27. Feb, 2010 -

Wajib beli tuh buat penggila bola…!!!!

wahid - 15. Mar, 2010 -

berapa harganya boss ? dimana bisa order ?

Hendy - 19. Mei, 2010 -

Daftar pemainnya akurat/gak?

muka tembol - 03. Jun, 2010 -

ada gratisan gak ya??……..

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan