-->

Kronik Toggle

Hanya Fitnah dan Cari Sensasi: George Revisi Buku

Jakarta-Sebuah buku berjudul ‘Hanya Fitnah dan Cari Sensasi: George Revisi Buku’ diluncurkan. Buku itu diluncurkan sebagai bentuk kritik atas buku ‘Membongkar Gurita Cikeas: di Balik Kasus Bank Century’ karangan George Junus Aditjondro.

Buku kritik setebal 31 halaman itu ditulis oleh seorang mantan wartawan Tempo bernama Setiyardi. “Saya tidak bermaksud membuat buku tandingan, ini buku resensi. Saya sebagai pembaca terpanggil untuk menilai buku itu,” kata Setiyardi dalam perbincangan di tvOne, Rabu (6/1).

Setiyardi menuliskan sejumlah kelemahan yang termuat dalam buku George dari sisi metologi penulisan dan konten. Menurutnya, George banyak membuat kesimpulan berdasarkan data sekunder tanpa melakukan konfirmasi.

Dalam buku ‘Hanya Fitnah dan Cari Sensasi: George Revisi Buku’, Setiyardi tidak melakukan investigasi ulang untuk memperbaiki buku George. Setiyardi hanya memberikan penilaian atas tulisan yang dibukukan oleh George. “Kalau saya ingin buat buku tandingan, saya tidak berkompeten. Saya bukan yang ditulis George,” ujarnya.

Sementara itu, pengamat politik Bonny Hargens menilai, buku George adalah buah analisisnya terhadap fenomena sosial politik yang didasarkan atas data-data. Menurutnya, data-data sekunder yang digunakan George sudah cukup valid untuk menulis buku.

*) Dikronik dari TVONE.CO.ID 6 Januari 2009

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan