-->

Kronik Toggle

Ensiklopedia Kraton Yogya dan Kotagede

YOGYAKARTA – Buku Ensiklopedi Kraton Yogyakarta dan Ensiklopedi Kotagede diluncurkan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi DIY, sabtu(23/1) di Hotel Brongto Yogyakarta. Kedua buku dicetak terbatas, masing-masing 420 eksemplar, dan tidak dijual untuk umum, namun untuk dijadikan koleksi cinderamata Pemprov DIY, untuk diberikan kepada tamu kenegaraan yang berkunjung ke Yogya.

Gubernur DIY di dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Pembangunan, Bayudono menjelaskan, Ensiklopedi Kraton Yogyakarta setebal 409 halaman dan ensiklopedi Kotagede setebal 226 halaman ini merupakan bentuk identitas Yogya yang digarap melalui produktivitas dan kreativitas. Buku yang digarap oleh tim ahli dari UGM, Kraton, Dewan Kebudayaan, dan ISI ini menurutnya bisa menjadi cindera mata agar tamu daridari mancanegara bisa lebih memahami budaya Yogya secara mendalam.

“Saya berharap nantinya isi dari kedua ensiklopedi ini diposting di internet, sehingga ensiklopedi tidak hanya berbentuk buku, dan akhirnya dapat memberi khasanah pada masyarakat luas,” ujarnya.

Sementara, Djoko Dwiyanto, Kepala Dinas Kebudayaan DIY yang juga editor umum buku menjelaskan, sebenarnya terdapat satu ensiklopedi lagi, yakni Ensiklopedi Yogyakarta, sehingga bersama dua buku lainnya membentuk Trilogi Ensiklopedi Namun karena pertimbangan teknis administrasi, belum bisa diterbitkan hingga kini, namun tetap akan terbit pada tahun ini.

“Ensiklopedi ini sudah dirintis sejak 2002, dan bahan naskahnya sudah selesai tahun 2007. Namun setelah dicermati, 80% dari naskah tidak layak diterbitkan, sehingga diperlukan penyusunan ulang, dan baru bisa diluncurkan hari ini, karena menunggu peresmian Bangsal Trajumas, untuk bisa dimasukkan dalam materi eksilkopedi,”paparnya.

Kedua ensiklopedi ini memberikan informasi sejarah mengenai peristiwa, tokoh, dan tempat penting yang berhubungan dengan Kraton Yogya dan Kotagede. Foto-foto bersejarah, sekaligus info pernik budaya dan pariwisata termuat dengan cukup lengkap di dalam ensiklopedi ini.

Sumber: Portal Online Kedaulatan Rakyat, 23 Januari 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan