-->

Kronik Toggle

Dugem di Perpus, Yuk!

YOGYAKARTA, Membaca dan menulis adalah kegiatan produktif yang mengasyikkan. Yang tidak produktif itu justru jalan-jalan tanpa tujuan, dugem di diskotek, menonton TV, dan menghambur-hamburkan uang tanpa ada kontrol.

Hal itu disampaikan Gilang Desti Paramita, asisten dosen Jurusan Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, dalam diskusi Dugem di Perpus, Yuk! di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta, Kamis (14/1). Dalam kesempatan itu, diluncurkan juga buku Tuhan di Dunia Gemerlapku karangan Gilang.

“Kenyataan bahwa membaca dan menulis tak dianggap kegiatan produktif, membuat saya sedih. Kenyataan bahwa membaca buku kalah populer dibanding menonton film, gaya berpakaian, dan pentas musik, membuat saya juga tambah sedih,” ujar Gilang.

Kebiasaan membaca menurut dia bisa ditumbuhkan dari banyak membaca, walau awalnya hanya tertarik komik. Sedangkan minat menulis bisa diawali dari kebiasaan menulis di buku harian, atau mengetik di komputer. Satu-dua paragraf, dianggap Gilang sudah cukup untuk menyarikan kegiatan selama 24 jam.

Untuk menuntaskan semangat membaca, Yogyakarta adalah kota yang tepat, sehingga jangan disia-siakan. Tapi memang, mesti ada strategi agar kebiasaan itu tumbuh. “Misalnya membuat agar perpustakaan di sekolah dan perpustakaan di mana saja, didesain menarik. Buku-buku juga diupayakan lengkap dan menarik,” ujar Gilang.

Sondy Garcia, penyiar Geronimo yang juga pembicara menyampaikan, ada baiknya petugas di perpustakaan lebih ramah ke pengunjung. “Karena, banyak yang tak mau menyentuh perpustakaan dengan alasan petugasnya terkesan kurang ramah,” ujar Sondy.

Pembicara lainnya, Sri Sulastri, Kepala Kantor Arsip dan Perpusda Kota Yogyakarta mengatakan, pihaknya terus berupaya agar anak muda, remaja, hingga orang tua, tertarik mengunjungi perpustakaan. Atau kalau perlu perpusatakaan menjadi tujuan wisata keluarga. Karenanya, ke depan, ia berencana pembelian sebagian buku akan berdasarkan permintaan pengunjung.

Lauren, siswi SMPN 8 Yogyakarta peserta diskusi itu mengusulkan agar komik dan novel banyak dimasukkan ke perpustakaan agar minat baca pelajar bisa muncul.

*) Dikronik dari Oase Kompas edisi 14 Januari 2010 dengan judul asli Membaca dan Menulis Kegiatan Produktif yang Mengasyikkan

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan