-->

Kronik Toggle

Download Versi Lengkap Buku "Gurita Cikeas"

Ong Yuliana : “Pokoke saiki (pokoknya sekarang) SBY mendukung. SBY itu mendukung Ritonga lho”
Anggodo : “Koen ngarang ae! (Kamu ngarang aja nih!)
Ong Yuliana : “Harus ditegakno, ngarang yo opo sih? (harus ditegakkan, ngarang gimana sih)?”
Ong Yuliana : “Ini Pak SBY ngerti (tahu). SBY mendukung kita.”

Pembicaraan antara Anggodo Widjojo dan Ong Juliana Gunawan yang berhasil disadap KPK sontak menggegerkan publik tanah air. Kecurigaan pun menyeruak, jangan-jangan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono terlibat dalam lingkaran makelar kasus (markus). Wajar apabila opini miring itu tercetus, karena nama SBY terang-terangan disebut oleh Ong Juliana yang hingga kini tak tahu rimbanya. Uniknya, meski namanya jelas-jelas dicatut, namun SBY terkesan tenang-tenang saja.

Padahal, bisa saja SBY menuntut perempuan yang disebut-sebut pernah tersangkut kasus narkoba itu, atas tuduhan pencemaran nama baik. Tuntutan yang sama sewaktu SBY melaporkan Zaenal Maarif. Ujung-ujungnya, inkonsistensi sikap SBY itu menuai kekecewaan banyak pihak. Mengapa SBY tidak tegas bahkan cenderung bersikap tebang pilih?

Badai kecil yang menerjang periode 100 hari kepemimpinan SBY itu tak dimungkiri berdampak pada menurunnya popularitas SBY sendiri di mata publik. Satu permasalahan belum usai,kasus pelik kembali menghantam SBY berikut kendaraan politiknya, Partai Demokrat. Apa lagi kalau bukan skandal Bank Century yang belakangan kian bergulir panas. Kasus tersebut menjadi heboh karena ada tudingan yang menyebutkan bahwa kucuran dana talangan untuk Bank Century sebesar Rp 6,1 triliun mengalir ke tim sukses kampanye Partai Demokrat dan Pemenangan SBY-Boediono pada Pemilu serta Pilpres 2009.

Tentu saja, dugaan itu bukan semata asal tuduh. Tim sukses Partai Biru terindikasi nyrempet-nyrempet bahaya, mengingat Hartati Murdaya dan Boedi Sampoerna yang notabene nasabah kakap Bank Century adalah penyokong dana kampanye Partai Demokrat.

Silakan diunduh edisi lengkap buku Gurita Cikeas karya George Junus Aditjondro di sini.

2 Comments

anep paoji - 04. Jan, 2010 -

pingin banget bukuny

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan