-->

Kronik Toggle

Buku Twitter Siap Geser Popularitas Facebook

BANDUNG- Kasus Luna Maya memancing rasa penasaran masyarakat untuk mencoba Twitter. Buku-buku tentang Twitter perlahan mulai akan menggeser popularitas buku-buku IT lainnya seperti Facebook yang kini masih merajai penjualan.

“Kasus Luna Maya kemarin memancing orang untuk mengetahui tentang Twitter. Sekarang banyak yang nanya tentang Twitter. Mereka penasaran,” papar Asep Ishak Wiranta, General Manager Bandung Book Center (BBC) kepada detikINET, Rabu (6/1/2010).

Gonjang-ganjing dunia maya pasca hebohnya kasus Luna Maya, tak bisa dipungkiri langsung membuat banyak penerbit kian semangat merilis buku tentang Twitter.

“Sepertinya buku-buku tentang Twitter akan mendominasi penjualan buku-buku IT. Lihat trennya sekarang ke Twitter,” jelas pria berkacamata ini.

Berdasaran data yang dimiliki oleh BBC, saat ini ada lebih dari 50 judul buku tentang Facebook. Sedangkan tentang Twitter ada 18 judul.

“Bahkan Mizan Pustaka saja yang selama ini tidak pernah menerbitkan buku teknologi, ikut-ikutan menerbitkan buku ‘All About Twitter’,” ungkapnya saat ditemui di Pasar Buku Palasari, Bandung.

Sepanjang 2009 kemarin, buku-buku TI tutorial yang laku mulai didominasi buku tentang jejaring sosial. Sekitar 25% di antaranya adalah tentang jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

Diungkapkan oleh Asep, buku-buku tutorial mengenai social networking ini telah menggeser popularitas buku-buku tutorial software lain seperti Corel, Adobe Photoshop dan Autocad.

“Hal ini seiring dengan mulai populernya jejaring sosial. Masyarakat ingin mengikuti tren dan mereka mencari guidance-nya dari buku-buku yang kita sediakan,” pungkas dia. ( afz / rou )

*) Dikronik dari Portal Berita detikINET, 6 Januari 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan