-->

Kronik Toggle

Angelina: Pustakawan Jangan Dipindah ke Dinas Lain

JAKARTA, Anggota Komisi X DPR RI, Anggelina Sondakh sejak dulu terus menyuarakan pentingnya pustawakan dan manfaatnya yang signifikan dalam upaya mencerdaskan bangsa.

“Selain tentang jumlah pustakawan yang harus ditingkatkan, juga yang tidak kalah penting adalah jumlah perpustakaan dalam berbagai model dari desa hingga ke kota di seluruh pelosok tanah air,” katanya, di Jakarta, Senin (18/1/2010).

Angelina mengatakan itu, merespons pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menyatakan bangsa Indonesia hingga kini masih kekurangan pustakawan.

“Salah satu solusinya adalah agar Pemda tidak memindah-mindahkan pustakawan ke dinas lain, tapi mereka ngurusi perpustakaan,” ujar mantan Putri Indonesia berdarah Manado ini.

Anggelina Sondakh mengatakan, beasiswa di Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) tersedia buat pustakawan.

“Yang perlu juga diperhatikan, ialah para pustakawan perlu meningkatkan profesionalismenya. Dia mesti membuka wawasannya, termasuk dengan hal-hal yang terus berkembang, seperti pengusaan teknologi informasi,” katanya.

Anggelina Sondakh berharap, para pustakawan baru bisa direkrut di seluruh daerah, bukan hanya untuk kepentingan mengisi formasi di berbagai perpustakaan, juga di sekolah-sekolah dari SD hingga SMU.

*) Dikronik daru Media Kompas Online, 18 Januari 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan