-->

Kronik Toggle

Youkay: Majalah 7 Bahasa

Diilhami Sosrokartono yang Kuasai Tujuh Bahasa

Pasar sore Jalur Gaza (Jajanan lauk sayur gubug ashar zerba ada) menjadi saksi diluncurkannya majalah berbahasa asing untuk anak-anak, Youkay (UK). Inilah majalah alternatif untuk belajar bahasa yang terbit dari Jogja untuk Indonesia.

ARFIANA KHAIRUNNISA, Jogja

KECERIAAN menjelang buka puasa di panggung Ramadan Jalur Gaza, Jalan Nitikan, Umbulharjo, Jogja, sore itu makin berwarna. Kehadiran sejumlah anak yatim piatu dari Panti Asuhan Aisyiyah dan anak-anak di sekitar Nitikan, sudah begitu ramai dan meriah.

Belum lagi, hiburan musik nasyid dari kelompok nasyid Justice Voice. Lengkaplah keceriaan anak-anak itu. Apalagi, suguhan lagu-lagu dari kelompok ini ternyata juga memenuhi minat anak-anak. Mereka tampak menggoyang-goyangkan kaki atau sesekali ikut bernanyi mengikuti syair lagu yang mereka hapal.

Nah, di tengah keceriaan itulah, Youkay, majalah anak dengan tujuh bahasa, diluncurkan. Ini adalah majalah tujuh bahasa pertama di Indonesia dan mungkin dunia. Majalah setebal 28 halaman ini diterbitkan sebulan sekali.

Secara simbolik, peluncuran (soft launching) majalah dalam acara buka puasa bersama itu dilakukan dengan pemberian majalah kepada sejumlah anak yatim oleh para pemusik dari Justice Voice.

Pemimpin redaksi Youkay Kick Dandy menjelaskan, kemunculan majalah ini melalui proses yang cukup lama. “Majalah ini berawal dari teman-teman yang cinta anak-anak dan bahasa. Redaksi Youkay terdiri atas guru, kepala sekolah, wartawan, guide, dan juga dosen yang ada di Jogja,” jelas Kick Dandy, saat ditemui di sela-sela acara.

Dia menjelaskan, ada tiga bahasa utama dalam majalah ini, yaitu Inggris, Arab, dan Indonesia. Empat bahasa lainnya merupakan pengenalan bahasa yang dalam beberapa hal hampir mirip, yaitu Jerman, Belanda, Italia, dan Spanyol.

Mengapa harus tujuh bahasa? Pemilik nama asli Iwan Dandy ini mengatakan adanya keinginan menampung semangat generasi muda yang makin getol belajar bahasa asing. Dan, soal tujuh bahasa, Dandy punya alasan historis.

“Tujuh bahasa ini karena kami terinspirasi oleh sesepuh kita, Raden Mas Sostrokartono yang juga menguasai tujuh bahasa. Karena itu, kami pun ingin memotivasi anak-anak untuk menguasai lebih dari 3 bahasa,” kata Dandy, panggilan akrabnya.

Dandy mengharapkan Youkay menjadi majalah alternatif anak-anak, mulai yang beginner hingga intermediate. “Targetnya memang anak-anak SD sampai SMP. Majalah ini bisa mengasah kecerdasan ganda mereka dengan mengenalkan enam bahasa asing melalui rubrik-rubrik yang ada di majalah ini,” lanjut Dandy.

Majalah yang terbit sebulan sekali ini bisa didapat di toko buku dan kios majalah terdekat. Tak hanya didistribusikan di Jogja, Youkay juga beredar di seluruh Indonesia, mulai Sabang sampai Merauke sebagaimana yang terpampang di kover depan majalah.

Ada 10 permainan bahasa, mulai word guessing, maze, drawing, matching, crossword, crossnumber, coloring, rounding, making a line, dan searching. Semuanya disajikan dengan lebih menarik bagi anak-anak. Apalagi, di setiap rubrik ada kolom yang menjelaskan arti kata bahasa asing tersebut.

Dandy yang mengajar bahasa Inggris di sejumlah sekolah di Jogja ini juga menjelaskan, rubrik-rubrik di Youkaydisajikan dengan menyesuaikan upaya penggalian kecerdasan ganda (multiple intelligent). ”Tidak hanya kecerdasan linguistik, tapi juga kecerdasan spasial, matematik, spiritual, dan sebagainya,” tandas pria yang getol belajar bahasa Arab ini.

Dia berharap apa yang mereka sajikan itu bisa memberikan kontribusi bagi penciptaan generasi muda yang makin pintar dan menguasai bahasa asing. Dengan demikian, mereka bisa bersaing di dunia internasional yang makin kompetitif. (nw)

Disalin dari Jawa Pos 24 september 2009 dengan judul “Para Pencinta Bahasa Asing di Jogjakarta Terbitkan Majalah Youkay”

8 Comments

erwin - 02. Okt, 2009 -

Bagus sudah ada majalah 7 bahasa, kalau ingin lebih jauh tentang youkay cara bagaimana..? Terus alamat redaksi dimana.?

Kick Dandy - 07. Okt, 2009 -

Bisa kirim e-mail atau beli majalahnya online via e-mail. Alamat redaksi YOUKAY MAGAZINE PO BOX 5555 YOGYAKARTA 55000. Phone 0274 – 656 2006 Thanks.

Rully Sapra - 10. Okt, 2009 -

alamat email majalah YOUKAY apa kalau boleh tahu dan berapa harga per exemplarnya/majalah

syifa - 10. Nov, 2009 -

youkaymagz@yahoo.com dengan harga 9 ribu untuk jawa dan 10 ribu luar jawa. coba cari profilenya di Facebook : Youkay Magz

vern - 07. Des, 2009 -

mampir aja ke blognya youkay
http://youkaymagazine.blogspot.com/

youkay magazine - 09. Des, 2009 -

iya betul ayou mapir aja di blognya youkay magazine

youkay magazine

mashita - 13. Des, 2009 -

BAgus.. Tapi bagaimana cara berlangganan majalah youkay? apakah majalah youkay di jual di toko2 buku terdekat?

Dwi setiyani - 10. Feb, 2011 -

untuk wilayah banten sudah ada agen belum????boleh minta no hp agen..susah untuk mendapatkannya??

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan