-->

Kronik Toggle

Eny Wahyudati: Gagal Jadi Guru Berprestasi, Jadilah Penulis Buku

[KODE KRONIK Tokoh-E Lok 2009 EWJP)

Baru Tujuh Karya

Dra Eny Wahyudati, guru SD Negeri Pucang 3 Sidoarjo, tidak begitu kecewa meski gagal menjadi guru berprestasi tingkat nasional 2009. Menjadi wakil Jawa Timur untuk even bergengsi itu sudah memberikan pelajaran dan pengalaman berharga baginya.

”Saya dapat pengalaman yang tak terkira dari kegiatan itu,” ungkap Eny ketika ditemui Jawa Pos pada Kamis (3/9) lalu di sekolahnya.

Salah satu kelebihan Eny yang mengantarkannya mengikuti even nasional itu adalah produktivitasnya dalam membuat buku pelajaran. Hingga kini, sudah tujuh buku pelajaran bahasa Inggris yang dihasilkannya. Di antaranya, Let’s Study English untuk kelas 6 SD (Penerbit CV Ampera, 2003), Get in Touch with English untuk kelas 6 (PT Edumedia, 2004), LKS Gemar Belajar Bahasa Inggris untuk kelas 3 dan 6 (PT Edumedia, 2004, dan 2006), Les’t Talk (CV Citra Cemara, 2008), dan My English untuk kelas 6 (PT Intan Pariwara, 2009).

Eny mulai menulis pada 2002. Saat itu dia ditawari untuk menulis LKS bahasa Inggris. ”Waktu itu jarang ada guru SD yang mau menulis LKS bahasa Inggris, khususnya di Sidoarjo,” ungkap ibu dua anak tersebut.

Setelah buku LKS itu selesai, dia ketagihan untuk menulis buku yang lain. ”Bukan karena uang, tapi karena saya pikir harus ada buku yang sesuai dengan kurikulum,” jelas guru berjilbab itu.

Naskah buku tersebut kemudian dia tawarkan ke penerbit. Ternyata langsung diterima. Sejak itu, beberapa penerbit yang menawari dia untuk menerbitkan buku-bukunya.

Seperti penulis yang lain, Eny juga mendapatkan royalti yang ”kurang manusiawi”. Nilainya tidak sebanding dengan keringatnya yang mengucur.

”Ya, karena tidak ada perjanjian hitam di atas putih. Kami polosan saja,” ungkapnya. ”Mudah-mudahan yang sedikit itu membawa barokah,” imbuh istri Yudo Subandono itu.

Menurut Eny, buku karangannya kini tidak hanya dipakai sekolah-sekolah di Sidoarjo, tapi menyebar ke seluruh Jawa Timur. Dari situ, dia merasa bangga telah memberikan kontribusi di bidang pendidikan.

Eny mengatakan, yang mendorong dirinya untuk menulis buku pelajaran adalah banyaknya buku pelajaran yang tidak sesuai dengan kurikulum yang digunakan. Selian itu, tambah Eny, buku yang sekarang ada hanya berisi vocabularies (kosa kata) dan latihan menulis saja, tanpa membahas bagian yang lain. ”Buku seperti itu sangat kurang. Siswa hanya paham separo-separo,” jelasnya.

Buku tulisannya beda. Selain kosa kata, di dalamnya ada empat kemampuan berbahasa, yaitu speaking, reading, writting, dan listening. “Belajar bahasa Inggris itu harus efektif dan praktis,” ungkap alumnus IKIP PGRI Sidoarjo tersebut.

* Dinukil dari Harian Jawa Pos Edisi 5 September 2009

Nama: Dra Hj Eny Wahyudati

TTL: Sidoarjo, 12 Oktober 1966

Jabatan: Guru Kelas 6 SDN Pucang 3 Sidoarjo

Prestasi:

— Juara III Gupres SD Kabupaten Sidoarjo (2002)

— Juara I Lomba Mengajar Matematika se-Sidoarjo

(2008)

— Juara III Lomba Mengajar Matematika se-Jatim

(2008)

— Finalis Nasional Lomba Mengajar Matematika (2008)

— Guru SD Berprestasi tingkat Jatim (2009)

Karya: Tujuh buku pelajaran bahasa Inggris

2 Comments

Yudhi - 11. Okt, 2009 -

Saya salah satu orang tua murid SD kelas 1. Dan dalam mata pelajaran Bahasa Inggris memakai buku Eny Wahyudati. Les’t Talk . Sampai sekarang kami sangat kesulitan mencarinya. Dimana kami harus mendapatkannya????????

bunda naya - 28. Mar, 2011 -

infonya dong dimana bisa mendapatkan let’s talk karena anak saya kelas 3SD juga pake buku ini

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan