-->

Kronik Toggle

Apa Kabar Perpustakaan UI yang Telan Biaya 110M?

uiRI Bakal Miliki Perpustakaan Terbesar di Dunia

DEPOK – Universitas Indonesia (UI) melakukan upacara pemancangan tiang pertama menandai dimulainya pembangunan Gedung Perpustakaan UI, hari ini.

Fasilitas tersebut dibangun di atas area seluas 2,5 hektare, sehingga akan menjadi salah satu perpustakaan terbesar, termodern, dan terindah di dunia. Perpustakaan ini akan menjadi salah satu motor internasionalisasi pendidikan tinggi di Indonesia. Penting artinya untuk memacu produktivitas dan inovasi kampus sebagai salah satu motor kemajuan peradaban bangsa.

Deputy Director Corporate Communications UI Devie Rahmawati mengatakan, luas bangunan keseluruhan sekitar 30.000 m2 dan merupakan pengembangan dari perpustakaan pusat yang dibangun tahun 1986-87.

Pembangunan gedung delapan lantai ini ditargetkan selesai pada bulan Desember 2009. “Proyek ini didanai dari sumber pemerintah dan industri,terutama Bank BNI, dengan anggaran senilai Rp100 miliar,” papar Devi dalam siaran pers, Senin (1/6/2009).

Dia menjelaskan gedung perpustakaan ini didisain dengan konsep sustanaible building. Sebagian kebutuhan energi menggunakan sumber terbarukan (solar energy). Di dalam gedung tidak diperkenankan menggunakan plastik. “Area baru ini bebas asap rokok, hijau, serta hemat listrik, kertas dan air,” ungkap Devi.

Menurut dia, Perpustakaan Pusat UI tersebut akan dapat menampung sekitar 10.000 pengunjung dalam waktu bersamaan atau diperkirakan akan menampung pengunjung sekitar 20.000 orang per hari. “Perpustakaan ini akan menampung sejumlah 3-5 juta judul buku, dilengkapi ruang baca, silent-room bagi dosen dan mahasiswa yang sedang menulis laporan penelitian atau karya ilmiah lainnya,” kata Devi.

Selain itu, tambah dia, perpustakaan akan dilengkapi sistem ICT mutakhir yang menungkinkan pengunjung menikmati secara leluasa sumber informasi elektronik seperti e-book, e-journal, dan lainnya.
Sementara itu, sistem peminjaman akan berbasis sepenuhnya ICT. Akses luas akan dibuka di perpustakaan ini dengan pusat pembelajaran dan perpustakaan lain di dunia.

Sedangkan, keindahan perpustakaan lahir dari perpaduan gaya arsitektur yang unik seperti prasasti, dinding perpustakaan terbuat dari batu dan kaca yang berisi tulisan atau huruf dari seluruh dunia.

Pepohonan besar berusia 30 tahunan, dengan diameter lebih 100 cm, yang tidak ditebang saat pembangunan, melengkapi bagian depan dan samping lanskap gedung tersebut. Keindahan menjadi lengkap karena gedung mengeksplorasi secara maksimal keindahan tepi danau yang  asri, sejuk, dan, teduh.

Secara lebih spesifik, fasilitas ini dimaksudkan pula bagi upaya meningkatkan mutu UI dan perguruan tinggi lain di Indonesia seperti
tercermin di ranking yang dikeluarkan oleh berbagai lembaga internasional. Sebagai contoh UI mencanangkan masuk 200 besar dunia atau 30 besar Asia. Posisi UI saat ini di tingkat dunia adalah 287 dan di Asia 50 menurut versi THES QS. (ram) Dadan Muhammad Ramdan – Okezone

Perpustakaan Terbesar di Dunia Seharga Rp110 M

DEPOK – Universitas Indonesia (UI) telah memulai pembangunan salah satu gedung perpustakaan terbesar, termodern, dan terindah di dunia.

Menurut rencana, proyek pembangunan akan selesai pada Desember 2009 dengan total anggaran Rp110 miliar. Dalam rangka pembangunan gedung berlantai delapan tersebut, tadi siang dilakukan pencanangan tiang pertama di atas lahan seluas 30.000 m2. Hadir dalam acara itu Rektor UI Gumilar R Soemantri, Dirut PT Waskita M Kholik, dan Ketua Wali Amanah UI Purnomo Prawiro.

Gedung perpustakaan yang diklaim sebagai salah satu perpustakaan terbesar di kawasan Asia ini didesain dengan konsep sustanaible building. Yang unik dari gedung ini adalah sebagian dari kebutuhan energi menggunakan sumber energi matahari yang hemat energi dan air.

Gedung perpustakaan juga akan didesain bebas dari asap rokok dan hemat air. Yang unik lagi, untuk mencapai gedung ini pengunjung diwajibkan menggunakan sepeda atau dengan berjalan kaki. “Kita ingin menghadirkan suasana yang ramah lingkungan,” ujar Rektor UI Gumilar R Soemantri di Depok, Senin (1/6/2009).

Koleksi 5 juta buku akan didatangkan. Ada tiga lantai yang berisi buku-buku berdasarkan rumpun ilmu. Di antaranya Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, Ilmu Sosial dan Humaniora serta Ilmu Science dan Engineering dengan masing-masing lantai seluas 6 ribu m2.

Keunikan lain, terdapat berbagai huruf aksara dari seluruh dunia yang akan ditulis di kaca gedung sebagai dinding. Untuk menambah keindahan bangunan gedung, nantinya gedung akan dibangun dengan gaya arsitektur yang unik seperti prasasti.

Sedangkan pepohonan besar berusia 30 tahunan, dengan diameter lebih 100 cm, yang tidak ditebang saat pembangunan, melengkapi bagian depan dan samping lanskap gedung tersebut. “Keindahan menjadi lengkap karena gedung mengeksplorasi secara maksimal keindahan tepi danau yang asri, sejuk, dan, teduh,” ujarnya.

Gedung ini juga dilengkapi silent-room bagi dosen dan mahasiswa yang sedang menulis laporan penelitian atau karya ilmiah lainnya. “Perpustakaan akan dilengkapi sistem ICT mutakhir yang menungkinkan pengunjung menikmati secara leluasa sumber informasi elektronik seperti e-book, e-journal, dan sebagainya,” kata Gumilar.

Mengenai alokasi dana, Gumilar menjelaskan, mendapat bantuan pendidikan dari negara sebesar Rp78 miliar. “Sedangkan sisanya sebanyak Rp32 miliar dibantu oleh BNI 46,” jelasnya.

(ful)Marieska Harya Virdhani

Dinukil dari Okezone.com edisi 1 Juni 2009


3 Comments

alisyah - 05. Jan, 2010 -

“Menurut rencana, proyek pembangunan akan selesai pada Desember 2009 dengan total anggaran Rp110 miliar”

Desember 2009 itu salah tulis bukan ya? Kalau bukan, berarti harusnya sekrang udah bisa dinikmati. Great move from UI.

aduh - 07. Feb, 2010 -

Hanya 3-5 juta buku???
Paling yg paling sering dibaca wajah buku aka FB.

apa ga pernah cari di google ?

///
10. New York Public Library
New York City, NY, USA
Founded in 1895, this library stocks over 11 million books.

9. Vernadsky National Scientific Library of Ukraine
Kiev, Ukraine
Founded in 1919, this library stocks over 13 million books.

8. Harvard University Library
Cambridge, MA, USA
Founded in 1638, this library stocks over 13.1 million books.

7. Institute for Scientific Information on Social Sciences of the Russian Academy of Sciences
Moscow, Russia
Founded in 1969, this library stocks over 13.5 million books.

6. British Library
London, England
Founded in 1753, this library stocks over 16 million books.

5. Deutsche Biblothek
Frankfurt, Germany
Founded in 1990, this library stocks over 18.5 million books.

4. National Library of Canada
Ottawa, Canada
Founded in 1953, this library stocks over 18.8 million books.

3. Library of the Russian Academy of Sciences
St. Petersburg, Russia
Founded in 1714, this library stocks over 20 million books.

2. National Library of China
Beijing, China
Founded in 1909, this library stocks over 22 million books.

1. Library of Congress
Washington DC, USA
Founded in 1800, this library stocks over 29 million books.

alli - 01. Sep, 2010 -

bravo…..
toek perpustakaan yang akan segra hadir
smoga Indonesia sgra terbebas dari kebodohan……

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan