-->

Kronik Toggle

Toko Buku “Online” Kian Marak

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, toko buku online semakin marak dua hingga tiga tahun terakhir. Sebagian toko buku tersebut dioperasikan para pencinta buku dengan keinginan agar distribusi buku lebih merata ke berbagai daerah di Indonesia dan akses masyarakat kepada buku semakin besar.

Hal itu terungkap dalam diskusi mengenai ”Toko Buku Online di Indonesia” dalam rangkaian acara Pesta Buku Jakarta yang berlangsung 27 Juni-5 Juli 2009 di Istora Gelora Bung Karno.

Strategic Partner Development Google Erik Hartmann mengatakan, sekitar dua tahun lalu, berdasarkan pemantauannya, di Indonesia jumlah toko buku online masih dapat dihitung dengan jari. Namun, sekarang setidaknya mencapai 150 toko buku online.

”Kendala biasanya pada kebiasaan dan kepercayaan masyarakat terhadap toko buku online. Dengan demikian, toko buku yang ada harus secara profesional menjalankan usahanya,” ujarnya. Google menjalin kerja sama dengan sejumlah toko buku online di Indonesia.

Savic Alielha dari Khatulistiwa Online mengatakan, dia dan sejumlah rekannya memulai toko buku online tersebut sekitar 1,5 tahun lalu. Para awak toko buku itu tidak ada yang berlatar belakang pendidikan komputer. ”Kami ingin agar buku dapat terdistribusi lebih baik ke seluruh Indonesia. Sejauh ini sebagian pembeli buku berasal dari daerah-daerah di luar Jawa yang toko buku konvensional besar tidak menjangkaunya. Warga memesan buku lewat katalog online dan kami mengirimkan buku tersebut,” ujar Savic.

Perkembangan toko buku online pada akhirnya ikut berperan meningkatkan minat baca. Sejumlah toko buku online kemudian membangun komunitas dan menyelenggarakan berbagai kegiatan terkait buku. Setiawan dari BukuKITA.com yang memulai usaha tersebut dua tahun lalu mengatakan, komunitas merupakan kekuatan dari toko buku online-nya. ”Karena itu, kami mendesain situs dan kegiatan toko buku online agar dekat dengan pembaca,” ujarnya.

* Dinukil dari Harian Kompas Edisi 4 Juli 2009

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan