-->

Kronik Toggle

Perpustakaan Daerah Makin Sepi Peminat

Surakarta: Perpustakaan daerah Surakarta semakin jarang dikunjungi. Pasalnya, tidak ada penambahan buku baru selama enam tahun terakhir sehingga pengunjung semakin berkurang karena bosan dengan buku-buku yang tersedia.

“Baru di 2008 ada bantuan pengadaan buku baru sebesar Rp 50 juta. Namun sekarang masih proses pengadaan,” jelas Kepala Seksi Pelayanan Pemakai Perpustakaan Daerah Surakarta Sri Siswati, Rabu (18/2).

Dari sekitar 50 ribuan koleksi yang dimiliki, dia mengakui seluruhnya adalah buku-buku lama. Bahkan karena tidak ada dana perawatan, maka 10 persen di antaranya sudah rusak seperti lapuk dan terkelupas sampulnya. Jumlah pengunjung juga berkurang drastis. Jika 2003-2006 rata-rata 70-100 orang pengunjung per hari, maka dua tahun belakangan menjadi 40-50 orang per hari.

“Karenanya kami berharap kehadiran buku baru dapat kembali meningkatkan jumlah pengunjung,” ujar Sri.

Praptono, salah seorang pengunjung perpustakaan, mengatakan koleksi buku perpustakaan daerah kurang lengkap. Selain itu, hampir seluruhnya buku-buku lama. “Saya lihat belum ada buku yang baru. Harusnya selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan,” ujarnya.

Selain perpustakaan daerah, pemerintah kota Surakarta juga membangun perpustakaan di kelurahan-kelurahan. Saat ini 18 dari 51 kelurahan telah memiliki perpustakaan. “Setiap perpustakaan terdiri dari 1.550 buku yang sebagian besar buku tentang pengetahuan praktis. Tujuannya agar dapat mendorong kreatifitas warga,” tutur Tofan Bimas Susanto, Kepala Seksi Teknis Perpustakaan Daerah Surakarta.

Berbeda dengan di perpustakaan daerah, di kelurahan mendapat dana penambahan buku baru Rp 2 juta per tahun. Sedangkan di awal pendirian mendapat modal Rp 35 juta. “Masyarakat sendiri antusias. Kendalanya ketika buku yang dipinjam tidak kembali atau kembali dalam keadaan rusak. Kalau sudah begitu, kami tidak bisa berbuat banyak selain merelakan,” keluhnya.

UKKY PRIMARTANTYO

*) Dikronik dari Tempointeraktif 18 Februari 2009

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan