-->

Kronik Toggle

Komputerisasi Kurangi Angka Kehilangan Buku

Bantul, Kompas – Sejak menggunakan sistem pengolahan data melalui komputer, tingkat kehilangan buku di Perpustakaan Daerah Bantul menurun. Para peminjam yang terlambat mengembalikan buku bisa langsung termonitor sehingga petugas perpustakaan dengan mudah menagihnya.

“Dulu, sebelum pakai sistem komputer, banyak buku yang hilang karena peminjam tidak mengembalikannya. Data buku-buku yang belum dikembalikan itu sulit terpantau karena menggunakan sistem manual,” kata Eddy Susanto, Kepala Perpustakaan Kabupaten Bantul, Selasa (2/12).

Sistem komputer memudahkan petugas perpustakaan memantau arus keluar-masuk buku. Setiap peminjam yang terlambat mengembalikan buku akan langsung dihubungi oleh petugas. Bila yang bersangkutan tidak memiliki nomor kontak, petugas akan langsung mendatangi rumahnya.

Menurut Eddy, sebagian besar peminjam sudah memiliki pesawat telepon sehingga petugas tidak perlu repot-repot mencari ke rumah. “Hanya 1-2 yang tidak memiliki telepon,” ujarnya.

Meskipun terlambat mengembalikan buku, pihak perpustakaan tidak menarik denda khusus. Sanksinya hanya berupa pelarangan meminjam buku untuk sementara. Ketiadaan denda itu dilatarbelakangi keinginan menarik animo masyarakat.

“Kalau diterapkan denda, kami takut peminjamnya menurun karena merasa terbebani. Sanksinya hanya berupa administrasi. Bila terlambat satu minggu, selama satu minggu pula ia dilarang meminjam buku,” tutur Eddy.

Total koleksi buku di Perpustakaan Daerah Bantul mencapai 33.792 buah buku. Sebagian besar berupa buku-buku fiksi seperti novel, buku agama, dan buku anak-anak. “Jenis buku yang paling diminati adalah fiksi. Pengunjung suka membaca karya-karya novel, terutama pengunjung dari kalangan pelajar,” kata Hariyanto, Bagian Pengadaan Buku Perpustakaan Daerah Bantul.

Selain dipinjamkan ke pengunjung, buku-buku tersebut dipinjamkan ke perpustakaan tingkat desa, perpustakaan sekolah, dan perpustakaan di tempat-tempat ibadah. (ENY)

*)Kompas, 3 Desember 2008

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan