-->

Kronik Toggle

Bulan Puasa Pengunjung Perpustakaan Meningkat

Ngawi: Jumlah pengunjung perpustakaan umum di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, melonjak saat memasuki bulan puasa. Pengunjung perpustakaan yang sebagian besar pelajar datang secara bersamaan usai pulang sekolah.

“Mulai bulan puasa pengunjung meningkat menjadi 50 orang, hari-hari biasa hanya sekitar 10 orang,” kata Sukardi, pustakawan dari Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Ngawi, Jumat (12/9).

Para pelajar ini sengaja berkunjung ke perpustakaan sambil menunggu waktu berbuka puasa. Sayang, jam buka perpustakaan hanya sampai pukul 14.230 WIB. “Kalau bisa sampai sore,” jelas Wahyuni, siswa kelas 2 SMA Negeri 2 Ngawi.

Para pelajar ini, selain mencari literatur untuk bahan pelajaran mereka juga untuk mencari bahan bacaan lain yang menghibur. Usia meminjam dan membaca buku, mereka kerap mendiskusikan buku bacaannya dengan teman satu kelompok belajarnya.

Selain jam buka perpustakaan yang singkat, ruang perpustakaan yang sempit juga dikeluhkan para pengunjung. Mereka berharap, pelayanan dan tata letak perpustakaan segera diperbaiki demi kenyamanan pengunjung. Saat ini, perpustakaan milik pemerintah Kabupaten Ngawi itu mengoleksi sekitar 12 ribu eksemplar.

Eko Widianto

Dikronik Jum’at, 12 September 2008 | 16:14 WIB dari TEMPO Interaktif

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan