-->

Lainnya Toggle

Program Seribu Toko Buku Diluncurkan

Jakarta:Para pengusaha buku yang tergabung dalam Gabungan Toko Buku Indonesia (GATBI) mencanangkan pengadaan 1.000 toko buku di seluruh Indonesia. Pembangunan toko buku khususnya untuk daerah-daerah yang belum memiliki toko buku dimulai pada tahun 2008 ini.

“Wakil Presiden mendukung program ini, bentuk dari toko buku ini masih akan disempurnakan. Untuk tahap awal akan memakai mobil keliling” Kata Ketua Umum GATBI Firdaus Oemar kepada watrawan seusai bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres, Rabu (15/5).

Konsep pengembangan yang akan digunakan dalam program ini, Firdaus melanjutkan, adalah dua unit toko buku di tiap kabupaten atau kotamadya. Untuk menjangkau daerah-daerah terpencil, bentuk toko buku yang akan diterapkan kemungkinan besar dalam bentuk mobil keliling. “Ini untuk membantu mendekatkan masyarakat dan sekolah,” ujar dia.

Pada kesempatan yang sama, Ikatan Penerbit Buku Indonesia (IKAPI) menyatakan buku-buku yang akan diedarkan di daerah akan lebih banyak membaca muatan lokal. “Promosi buku lokal masih kurang sehingga masyarakat Indonesia terbuai dengan adanya buku produksi luar negeri khususnya cerita anak-anak,” kata Ketua Umum IKAPI Setia Dharma Madjid

Pihaknya masih melakukan pengkajian dan penelitian tentang jenis muatan lokal mana yang diminati oleh masyarakat di daerah. ”Karena kalau mengetahui selera konsumen, bisa jadi ini serapannya tinggi,” kata Setia. Dari 700 buku yang memiliki muatan lokal, 50 buku sudah diminta copyrightnya.

Pada kesempatan ini, IKAPI juga meminta supaya isi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional) No 2/2008 dikaji kembali karena ada pasal berbenturan. Dalam aturan ini, hak cipta buku bisa dibeli dan disebarluaskan lewat internet, namun di sisi lain siapa saja dapat menggandakan naskah buku di Internet.

“Wakil Presiden meminta kami untuk mengadakan komunikasi dengan Menteri Pnedidikan Nasional Bambang Sudibyo guna membahas masalah tersebut,” kata dia. Anton Aprianto

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan